Altis Satria Alkautsar
Pengarang
Yusqi Mahfud, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 2
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Penguji 1
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CustomerEngagement dan Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Intention to Order, serta peran Co-Creation Value sebagai variabel mediasi pada konsumen GrabFooddi Resto & Homestay Kedai Kopi Wonosobo.Metodologi - Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodesurvei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 112 responden. Analisis datadilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuanprogram AMOS versi 25. Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Engagement dan eWOMberpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Order. Keduanya jugaberpengaruh signifikan terhadap Co-Creation Value. Selain itu, Co-Creation Valueterbukti mampu memediasi hubungan Customer Engagement dan eWOM terhadapIntention to Order secara signifikan.Implikasi - Peningkatan keterlibatan pelanggan, pemanfaatan ulasan digital secarastrategis, dan penguatan kolaborasi nilai bersama sangat diperlukan untukmeningkatkan minat konsumen dalam melakukan pemesanan.Orisinalitas - Penelitian ini mengkaji peran mediasi Co-Creation Value dalammemperkuat hubungan antara Customer Engagement dan eWOM terhadapIntention to Order, dengan studi kasus pada layanan pemesanan makanan digital diResto & Homestay Kedai Kopi Wonosobo.
Kata kunci: Customer Engagement, Electronic Word of Mouth, Co-CreationValue, Intention to Order, GrabFood