Afisa Qotrun Nada
Pengarang
M.Trihudiyatmanto, S.E.,M.M.,CMA
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Penguji 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh green perceived value
dan green product terhadap green purchase intention dengan green trust sebagai
variabel intervening pada konsumen Air Mimun Dalam Kemasan merek Ades di
Dijah Mart Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan teknik insidental sampling, melibatkan 85 responden. Data dikumpulkan
melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model
(SEM) dengan bantuan SmartPLS 4.1.1.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green
perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention
(H1 diterima); sedangkan green product tidak berpengaruh langsung (H2 ditolak).
Green perceived value dan green product berpengaruh positif dan signifikan terhadap
green trust (H3 dan H4 diterima). Green product berpengaruh positif dan signifikan
terhadap green trust (H4 diterima). Green trust juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap green purchase intention (H5 diterima), serta memediasi hubungan antara
green perceived value dan green product terhadap green purchase intention (H6 dan
H7 diterima). Saran bagi perusahaan Ades adalah untuk fokus meningkatkan green
perceived value dan green trust, karena keduanya terbuki meningkatkan green
purchase intention. Meskipun green product tidak berpengaruh secara langsung,
perannya penting dalam membentuk green trust guna mendorong konsumen membeli
produk ramah lingkungan.
Kata Kunci : Green Perceived Value, Green Product, Green Purchase Intention,
Green Trust