Sindy Utami
Pengarang
Sri Hartiyah, S.E., M.Si., Akt., CA
Dosen Pembimbing 1
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si.
Dosen Pembimbing 2
Drs. Agus Putranto, M.M., M.F.P.
Penguji 1
Susanti, S.E., M.Si., Ak
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Carbon Emission Disclosure (CED) dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan mediasi CorporateSocial Responsibility (CSR). Penelitian ini dilatar belakangi oleh fluktuasi nilai perusahaan di sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode2019–2023, serta urgensi perusahaan dalam mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam operasionalnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Partial Least Square -Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel penelitian terdiri dari 12perusahaan food and beverage di BEI, dengan total 60 observasi. Variabel yang diteliti meliputi Carbon Emission Disclosure, Corporate Social Responsibility, dan nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Price to Book Value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Carbon Emission Disclosure) berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility, Profitabilitas berpengaruh terhadap CorporateSocial Responsibility, Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan,Carbon Emission Disclosure tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan,Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan,Carbon Emission Disclosure tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui Corporate Social Responsibility sebagai variabel mediasi,Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui Corporate Social Responsibility sebagai variabel mediasi.Kata
kunci: Carbon Emission Disclosure,Profitbilitas,Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, PLS-SEM