Prodi Akuntansi
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI
XMLPenelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada stres kuliah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo. Variabel yang diteliti terdiri atas variabel bebas yaitu perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan tingkat pemahaman akuntansi serta variabel moderasi yaitu lingkungan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 128 responden yang terdiri dari mahasiswa semester 6 dan 8 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSIQ Wonosobo. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan tingkat pemahaman akuntansi berpengaruh negatif terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi. Sedangkan lingkungan belajar tidak memoderasi pengaruh variabel bebas terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa tingkat stres mahasiswa akuntansi dapat menurun apabila memiliki perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan tingkat pemahaman akuntansi yang baik.
Kata Kunci: Stres Kuliah, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Lingkungan Belajar
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
Muchammad Rafi Iriyanto - Personal Name
|
| Student ID |
2021100042
|
| Dosen Pembimbing |
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Rizki Maulidi, S.E., M.Ak. - - Dosen Pembimbing 2 |
| Penguji | |
| Kode Prodi PDDIKTI |
62201
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Akuntansi
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







