Ica Elfika
Pengarang
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si.
Dosen Pembimbing 1
Rizky Maulidi,S.E M.A,k
Dosen Pembimbing 2
Kurniawati Mutmainah, S.E., M.Si
Penguji 1
Susanti, S.E., M.Si., Ak
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengetahuan investasi, modal
minimal investasi, motivasi investasi, social media influencer, return investasi dan persepsi
risiko terhadap minat investasi mahasiswa akuntansi di pasar modal. Penelitian dilakukan
di Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan
penyebaran kuesioner menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa aktif
prodi akuntansi yang berjumlah 135 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IMB SPSS Statistics
v.22. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengetahuan investasi dan motivasi investasi
berpengaruh postif terhadap minat investasi mahasiswa akuntansi di pasar modal. Modal
minimal investasi, return investasi dan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat
investasi mahasiswa akuntansi di pasar modal. Sedangkan social media influencer tidak
berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa akuntansi di pasar modal.
Kata Kunci : pengetahuan investasi, modal minimal investasi, motivasi investasi, social
media influencer, return investasi, persepsi risiko, minat investasi