Hidayatun Munawaroh
Pengarang
Sri Hartiyah, S.E., M.Si., Akt., CA
Dosen Pembimbing 1
Desy Wulandari, S.E., M.Ak
Dosen Pembimbing 2
Rizki Maulidi, S.E., M.Ak.
Penguji 2
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh e-commerce, social media,
penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusa
berwirausaha pada mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo. Pengambilan
sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling yang berjumlah 130
responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data memakai analisis regresi linear
berganda (SPSS).
Penelitian ini menunjukkan hasil dari regresi linear berganda e-commerce terhadap
pengambilan keputusan berwirausaha (ditolak). Sedangkan social media,
penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusan
berwirausaha (diterima). Koefisien R Square sebesar 37,2% yaitu persentase
pengaruh e-commerce (X1), social media (X2), penggunaan SIA (X3) dan
pengetahuan kewirausahaan(X4) terhadap pengambilan keputusan berwirausaha
(Y) pada mahasiswa akuntansi FEB UNSIQ. Sedangkan sisanya sebanyak 62,8%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil pengujian diperoleh nilai
F hitung > F tabel = 20,076 > 2,44 artinya model penelitian ini memenuhi kriteria
Goodness of Fit.
Kata Kunci: E-Commerce, Social Media, Penggunaan SIA, Pengetahuan
Kewirausahaan, Pengambilan Keputusan Berwirausaha