Fina Fauziyah
Pengarang
Sahid, S.S., M.A.
Dosen Pembimbing 2
Niken Kencono Ungu, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Niken Kencono Ungu, M.Pd
Penguji 1
Sahid.,S.S.,M.A
Penguji 2
Buntara Adi Purwanto, S.S., M.Pd.
Ketua Penguji
Fina Fauziyah, 2024. The Impact of Bilingual Program throughCommunicative Language Teaching (CLT) to Improve Students’Speaking Skill at SMA Takhassus Al - Qur’an. A proposal, Faculty of Language and Literature, Qur’anic SainsUniversity, Central Java in Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari programbilingual yang diterapkan melalui metode CommunicativeLanguage Teaching (CLT) dalam meningkatkan kemampuanberbicara siswa di SMA Takhassus Al-Qur’an. Penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknikpengumpulan data berupa observasi kelas, observasi asrama, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi pendukung. Fokus penelitian ini adalah bagaimana metode CLT diterapkandalam lingkungan asrama bilingual untuk meningkatkankompetensi komunikatif siswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa lingkungan bilingual yang didukung oleh aktivitas-aktivitasberbasis CLT, seperti diskusi kelompok, tugas berbicara, dankomunikasi harian dalam bahasa Inggris, secara signifikanberkontribusi terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswadalam aspek kelancaran, pelafalan, interaksi, dan ketepatanberbahasa. Kurikulum asrama yang terstruktur, paparan bahasayang konsisten, serta interaksi sesama teman yang suportifmembangun kepercayaan diri siswa dan mendorong mereka untuklebih sering berlatih berbicara. Meskipun terdapat kendala sepertiketerbatasan kosakata dan kecenderungan mencampur kode (codemixing), terutama pada siswa kelas awal, program bilingualterbukti memberikan dampak positif terhadap performa berbicarasiswa. Dapat disimpulkan bahwa integrasi antara programbilingual dan prinsip-prinsip CLT efektif dalam meningkatkanketerampilan berbicara siswa baik dalam konteks akademikmaupun sosial.
Kata Kunci: Bilingual Program, Metode CLT, Berbicara