Prodi Teknik Informatika
SISTEM PREDIKSI PENJUALAN PADA TOKO ANUGRAH BAMBU MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEBSITE
XMLDi era digital saat ini, kebutuhan akan sistem yang mendukung pengambilankeputusan bisnis semakin meningkat, khususnya dalam manajemen persediaan danprediksi penjualan. Toko Anugrah Bambu, sebuah usaha yang bergerak di bidangpenjualan bambu, masih menggunakan metode tradisional dalam memantau danmemprediksi stok barang, yang seringkali mengakibatkan ketidaksesuaian antarastok dan permintaan pasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian inimerancang dan membangun sebuah sistem prediksi penjualan menggunakanmetode Single Exponential Smoothing (SES) berbasis website. Metode SESdigunakan karena kemampuannya dalam menghaluskan data historis danmemberikan bobot lebih besar pada data terbaru, sehingga cocok untukmemprediksi pola penjualan yang fluktuatif. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan data penjualan lima tahun terakhir (2019–2023). Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem dapat memudahkan pemilik tokodalam menentukan jenis bambu yang perlu diprioritaskan untuk stok ke depan, sertameningkatkan efisiensi dalam pengelolaan penjualan. Sistem ini diharapkan dapatmenjadi solusi inovatif dalam penerapan teknologi informasi untuk mendukungpengambilan keputusan dalam bisnis skala kecil dan menengah.
Kata Kunci: Prediksi penjualan, Single Exponential Smoothing, website, sisteminformasi, toko bambu.
Detail Information
| Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
|---|---|
| Penulis |
Taufiqurrohman - Personal Name
|
| Student ID |
2020150028
|
| Dosen Pembimbing |
Muslim Hidayat, M.Kom - - Dosen Pembimbing 1
Iman Ahmad Ihsanuddin, S.Pd.Kom, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
| Penguji | |
| Kode Prodi PDDIKTI |
55201
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Teknik Informatika
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







