Prodi Teknik Mesin
OPTIMALISASI DESAIN STRUKTURAL DAN ANALISIS PEMBEBANAN CHASSIS ROBOT AUTOMATED GUIDE VEHICLE (AGV) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN NUMERIK
XMLAutomated Guided Vehicle (AGV) merupakan solusi transportasi cerdas yang semakin banyak digunakan di industri. Stabilitas dan kekuatan chassis menjadi faktor penting dalam menjamin kinerja AGV saat membawa beban. Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi beban dan jenis material terhadap performa struktural chassis AGV melalui pendekatan eksperimen dan simulasi numerik berbasis Finite Element Analysis (FEA). Material yang digunakan adalah ASTM A36 dan ASTM A500, dengan pembebanan sebesar 5 kg, 10 kg, dan 15 kg. Desain chassis berdimensi 400 × 300 × 80 mm dimodelkan dan dianalisis menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD). Validasi dilakukan melalui pengujian eksperimental menggunakan dial indicator. Hasil menunjukkan bahwa pada beban 15 kg, ASTM A500 mengalami tegangan maksimum sebesar 60,15 MPa dan defleksi 0,00078 m, lebih rendah dibandingkanASTM A36 yang mencapai 68,06 MPa dan defleksi 0,00089 m. Perbedaan antara hasil simulasi dan eksperimen berada jauh dibawah 10%. Dari hasil tersebut, ASTMA500 dinilai lebih efisien dan stabil, serta lebih direkomendasikan untuk aplikasichassis AGV. Studi ini menunjukkan pentingnya integrasi metode numerik dan eksperimen untuk menghasilkan desain struktur yang optimal.
Kata kunci: AGV, ASTM A36, ASTM A500, defleksi, eksperimen, FEA, tegangan,validasi
Detail Information
| Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
|---|---|
| Penulis |
Danu Prasetyo - Personal Name
|
| Student ID |
2021280008
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji | |
| Kode Prodi PDDIKTI |
21201
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Teknik Mesin
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







