• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • OPTIMALISASI DESAIN STRUKTURAL DAN ANALISIS PEMBEBANAN CHASSIS ROBOT AUTOMATED GUIDE VEHICLE (AGV) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN NUMERIK OPTIMALISASI DESAIN STRUKTURAL DAN ANALISIS PEMBEBANAN CHASSIS ROBOT AUTOMATED GUIDE VEHICLE (AGV) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN NUMERIK

    Detail Cantuman

    Prodi Teknik Mesin

    OPTIMALISASI DESAIN STRUKTURAL DAN ANALISIS PEMBEBANAN CHASSIS ROBOT AUTOMATED GUIDE VEHICLE (AGV) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN NUMERIK

    XML

    Automated Guided Vehicle (AGV) merupakan solusi transportasi cerdas yang semakin banyak digunakan di industri. Stabilitas dan kekuatan chassis menjadi faktor penting dalam menjamin kinerja AGV saat membawa beban. Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi beban dan jenis material terhadap performa struktural chassis AGV melalui pendekatan eksperimen dan simulasi numerik berbasis Finite Element Analysis (FEA). Material yang digunakan adalah ASTM A36 dan ASTM A500, dengan pembebanan sebesar 5 kg, 10 kg, dan 15 kg. Desain chassis berdimensi 400 × 300 × 80 mm dimodelkan dan dianalisis menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD). Validasi dilakukan melalui pengujian eksperimental menggunakan dial indicator. Hasil menunjukkan bahwa pada beban 15 kg, ASTM A500 mengalami tegangan maksimum sebesar 60,15 MPa dan defleksi 0,00078 m, lebih rendah dibandingkanASTM A36 yang mencapai 68,06 MPa dan defleksi 0,00089 m. Perbedaan antara hasil simulasi dan eksperimen berada jauh dibawah 10%. Dari hasil tersebut, ASTMA500 dinilai lebih efisien dan stabil, serta lebih direkomendasikan untuk aplikasichassis AGV. Studi ini menunjukkan pentingnya integrasi metode numerik dan eksperimen untuk menghasilkan desain struktur yang optimal.

    Kata kunci: AGV, ASTM A36, ASTM A500, defleksi, eksperimen, FEA, tegangan,validasi


    Detail Information

    Item Type
    Laporan Tugas Akhir
    Penulis
    Danu Prasetyo - Personal Name
    Student ID
    2021280008
    Dosen Pembimbing
    Ir.,Sunaryo,S.PD.T,M.PD,M.T - - Dosen Pembimbing 1
    Muhamad Safi'i, S.t, M.t - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    21201
    Edisi
    Published
    Departement
    Teknik Mesin
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail