• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[KATA JAHIIIYYAH DAIAM AI-QUR’AN ( STUDY PENAFSIRAN WAHBAH AL-ZUHAILI PADA AYAT AYAT JAHIIIYYAH)]]> Wahib Sya’roni Pengarang Dr. H. Asyhar Kholil, Lc., M.A. Dosen Pembimbing 1 Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I Dosen Pembimbing 2 Dr. H. Asyhar Kholil, Lc., M.A. Penguji 1 Samsurrohman, Alh., M. S. I. Penguji 2 Dr. Lilik Rochmad Nurcholiso, Lc., M.A Ketua Penguji
    Al-jahl daIam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan kebodohan.Kebodohan yakni keadaan dan situasi disaat kurangnya pengetahuanterhadap sesuatu informasi yang bersifat subjektif. Bodoh merupakan salahsatu sifat yang sangat dicela di daIam al-Qur‟an, karena kebodohan dapatmenjerumuskan manusia daIam kemaksiatan, kesesatan dan kehancuran.Kebodohan bisa menjangkiti siapapun, tidak hanya masyarakat pedaIamanyang buta huruf. Semasyarakat „alim bisa menjadi bodoh dalam kondisitertentu atau bahkan semasyarakat penghafal al-Qur‟an pun juga bisamenjadi bodoh. Bodoh dapat pula menyebabkan sesemasyarakat untukkufur akan nikmat Tuhan dan dapat menyebabkan kekafiran. Ada 24 ayat didaIam al-Qur‟an yang menerangkan tentang kebodohan dan laranganuntuk mendekati kebodohan. Penelitian dalam skripsi tersbut bertujuanmendeskripsikan Makna Al-Jahl daIam Al- Qur‟an Menurut Wahbah AzZuhaiIidaIam Kitab Tafsir Al Munir. oleh sebab itu, penelitian tersbutdilakukan dengan menggunakan deskripstif analisis, yaitu penelitimemaparkan secara objektif tentang makna al-jahl daIam Al-Qur‟anmenurut Az-ZuhaiIi daIam kitab tafsir Al Munir dan menganalisa data- datayang terkumpul, terutama yang berkaitan dengan lafaz al-jahl daIam AlQur‟an.DandaIampenelitiantersbut,penelitimengambildaridataprimeryaitukitabtafsirtafsirAlMunirsertasumberdatasekunderyaitumencaridanmenggalikarya-karyalainnyaseperti:buku,disertasi,skripsi,jurnal,makalahatau hasil penelitian lainnya yang memiliki keterkaitan denganhasil penelitian tersbut. Setelah penelitian tersbut selesai, peneliti memilikikesimpulan bahwa kebodohan terbagi menjadi tiga, yaitu Al-jahlu al-basithyaitu tidak memiliki pengetahuan, yang mana hal tersbut terbagi menjadidua kelompok, yaitu: pertama; tidak memiliki pengetahuan sama sekali danyang kedua; memiliki pengetahuan namun hanya sebagian saja, misal;mengatahui bahwa perbuatan yang dilakukan merupakan kemaksiatannamun tidak mengetahui akibatnya. Adapun al-Jahlu al-Murokkab yaitumemiliki pengetahuan bahwa apa yang dilakukan merupakan sebuahkemaksiatan dan mengetahui akibat dari perbuatannya, namun tetap mengerjakannya dengan sengaja. Kata Kunci: Al-Jahl, Al Munir Wahbah Az-ZuhaiIi