Prodi Magister Pendidikan Isla
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP TAKHASSUS ALQUR'AN KALIBEBER
XML
Observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Takhassus Al Qur‟anKalibeber terlihat bahwa para peserta didik memiliki karakter yang baik,contohnya seperti ketika berpapasan dengan guru para siswa memberikansalam ataupun menegur guru, lingkungan sekolah bersih karena siswamembuang sampah pada tempatnya serta para siswi memakai jilbab yangtidak transparan dan baju yang tidak pendek atau ketat. Serta karakterlain yang telah menjadi budaya di sekolah tersebut. Pembentukankarakteristik siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadipenting karena pendidikan agama memiliki dampak yang mendalam dalammembentuk nilai-nilai moral dan spiritual siswa. Tesis ini bertujuan untuk:1) Mengetahui penerapan model pembelajaran aktif dapat meningkatkandimensi karakter religius, sosial, dan personal siswa di SMP Takhassus AlQur‟anKalibeber dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. 2)untuk mengetahui pengintegrasian nilai-nilai karakter siswa pada matapelajaran PAI di SMP Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber. Tesis inimenggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara, observasi dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis datayang digunakan meliputi tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, danpengambilan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum merdeka merupakan sebuahkebijakan yang harus dilaksanakan sehingga baik guru ataupun siswaharus mampu beradaptasi. Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasiskurikulum merdeka diserahkan sepenuhnya kepada guru dan pesertadidik di kelas. Tidak ada intervensi dari pihak sekolah. Langkah-langkahpembelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur‟an Kalibeber dimulai daritahap pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Guru PAI di SMPTakhassus Al-Qur‟an mempunyai pandangan yang homogen tentang nilai karakter. Dalam persepsinya nilai karakter disamakan denganakhlak atau etika. Ada 6 butir pokok nilai karakter sebagai tolak ukurpengembangan nilai tetap harus menjadi perhatian bagi semua lembagapendidikan termasuk juga sekolah; keenam butir tersebut adalah;kejujuran, kereligiusan, kemandirian, toleran, kedisiplinan dankepedulian. Nilai-nilai tersebut kemudian diintegrasikan melaluipembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai karakter yangdiintegrasikan dalam pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatanpendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Karakter, Pendidikan Agama Islam
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Sri Ainun Nisa Latifah - Personal Name
|
Student ID |
1261.31.1.22
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Lutfan Muntaqo, SH, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Lutfan Muntaqo M.S.I - - Ketua Penguji
Dr. Moh Sakir., M.Pd.I - - Penguji 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |