Prodi Magister Pendidikan Isla
STRATEGI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MI AN-NUUR KARANGTAWANG CILACAP DI ERA SOCIETY 5.0. TAHUN PELAJARAN 2024/2025
XML
Society 5.0.. harus dikuasai oleh setiap guru madrasah guna memajukanpendidikan. Kendala yang dialami madrasah adalah kurangnya akses terhadap pelatihandan pengembangan profesional yang relevan dengan kebutuhan era digital, kurangnyafasilitas teknologi yang memadai, serta resistensi terhadap perubahan metode pembelajaranyang konvensional. Selain itu juga, masih terdapat kesenjangan dalam penerapan teknologidigital yang kurang terjangkau dengan internet. Penelitian ini bertujuan (1). Merumuskanstrategi yang dapat diterapkan oleh MI An-Nuur Karangtawang Cilacap DalamMeningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Society 5.0., (2). Menganalisisprofesionalisme guru di MI An-Nuur Karangtawang Cilacap saat ini, (3). Mengidentifikasitantangan yang dihadapi guru MI An-Nuur Karangtawang Cilacap Dalam MeningkatkanProfesionalisme Guru Di Era Society 5.0.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifdengan jenis penelitian studi kasus, subjek yang digunakan peneliti adalah kepalamadrasah, guru dan operator MI An-Nuur Karangtawang Cilacap, Teknik pengumpulandata melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan dalammenganalisis data meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, sertauji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Strategi madrasah yang dapat diterapkanmelalui pendidikan, pelatihan, motivasi guru, pembinaan, monitoring, evaluasi, danpemberian penghargaan dapat meningkatkan profesionalisme guru di Era Society 5.0. (2).Progam pendidikan guru, pelatihan dan workshop digitalisasi, motivasi guru, pembinaan,monitoring, evaluasi, dan pemberian penghargaan bagi guru berprestasi mempunyaipengaruh yang signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI An-NuurKarangtawang Cilacap. (3). Namun, pelaksanaan kegiatan meningkatkan profesionalismeguru dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan beban kerja,fasilitas yang kurang memadai, keterbatasan sumber daya dan teknologi serta kurangnyapembinaan berbasis digital. (4). Rekomendasi untuk Pengembangan melalui programpelatihan daring workshop singkat di luar jam pelajaran, kegiatan pengembanganprofesionalisme guru diwaktu khusus pada akhir pekan atau libur.
Kata kunci: strategi, profesionalisme, era Society 5.0.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Nur Kholis - Personal Name
|
Student ID |
136632123
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr.Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I. - - Ketua Penguji
Dr. Faisal Kamal, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Lilik Rochmad Nurcholiso, Lc., M.A - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |