Prodi Magister Pendidikan Isla
KONTRIBUSI INTEGRATIF BIMBINGAN KONSELING, GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
XML
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan konseling,peran guru, lingkungan sekolah, dan dukungan orang tua terhadap prestasibelajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatankuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukanmelalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa MTs Ma’arif KertekWonosobo. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear bergandadengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa secara parsial, keempat variabel independen memilikipengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Variabelbimbingan konseling (X1) memiliki nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dengant_hitung sebesar 5,519, menunjukkan bahwa bimbingan konseling berperanpenting dalam mendukung keberhasilan akademik siswa. Variabel peran guru(X2) memiliki nilai signifikansi 0,003 (< 0,05) dan t_hitung sebesar 3,142,mengindikasikan bahwa keterlibatan guru dalam proses pembelajaran secarasignifikan meningkatkan prestasi belajar siswa. Lingkungan sekolah (X3)menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dengan t_hitung sebesar 2,452,menegaskan bahwa lingkungan yang kondusif sangat mendukung pencapaianakademik. Dukungan orang tua (X4) memiliki nilai signifikansi 0,003 (<0,05) dengan t_hitung sebesar 2,622, yang menunjukkan bahwa keterlibatanorang tua dalam pendidikan anak berkontribusi signifikan terhadap prestasibelajar. Secara simultan, keempat variabel independen ini memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai F_hitungsebesar 26,167 (> F_tabel 2,45) dan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05).Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,642 menunjukkanbahwa 64,2% variabilitas prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi olehbimbingan konseling (X1), peran guru (X2), lingkungan sekolah (X3), dandukungan orang tua (X4), sementara sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi olehfaktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini memberikan implikasi bahwakolaborasi antara bimbingan konseling, guru, lingkungan sekolah, dandukungan orang tua sangat penting untuk menciptakan ekosistem pendidikanyang efektif. Peningkatan kualitas layanan konseling, kompetensi guru,suasana sekolah, dan keterlibatan orang tua menjadi langkah strategis untukmendorong prestasi akademik siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untukmengeksplorasi faktor lain yang dapat memengaruhi prestasi belajar, sepertimotivasi intrinsik dan teknologi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Peran Guru, Lingkungan Sekolah,Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Sri Karyantiana, S.Psi - Personal Name
|
Student ID |
135832123
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Lutfan Muntaqo M.S.I - - Ketua Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |