KONTRIBUSI INTEGRATIF BIMBINGAN KONSELING, GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

KONTRIBUSI INTEGRATIF BIMBINGAN KONSELING, GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan konseling,peran guru, lingkungan sekolah, dan dukungan orang tua terhadap prestasibelajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatankuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukanmelalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa MTs Ma’arif KertekWonosobo. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear bergandadengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa secara parsial, keempat variabel independen memilikipengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Variabelbimbingan konseling (X1) memiliki nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dengant_hitung sebesar 5,519, menunjukkan bahwa bimbingan konseling berperanpenting dalam mendukung keberhasilan akademik siswa. Variabel peran guru(X2) memiliki nilai signifikansi 0,003 (< 0,05) dan t_hitung sebesar 3,142,mengindikasikan bahwa keterlibatan guru dalam proses pembelajaran secarasignifikan meningkatkan prestasi belajar siswa. Lingkungan sekolah (X3)menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dengan t_hitung sebesar 2,452,menegaskan bahwa lingkungan yang kondusif sangat mendukung pencapaianakademik. Dukungan orang tua (X4) memiliki nilai signifikansi 0,003 (<0,05) dengan t_hitung sebesar 2,622, yang menunjukkan bahwa keterlibatanorang tua dalam pendidikan anak berkontribusi signifikan terhadap prestasibelajar. Secara simultan, keempat variabel independen ini memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai F_hitungsebesar 26,167 (> F_tabel 2,45) dan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05).Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,642 menunjukkanbahwa 64,2% variabilitas prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi olehbimbingan konseling (X1), peran guru (X2), lingkungan sekolah (X3), dandukungan orang tua (X4), sementara sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi olehfaktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini memberikan implikasi bahwakolaborasi antara bimbingan konseling, guru, lingkungan sekolah, dandukungan orang tua sangat penting untuk menciptakan ekosistem pendidikanyang efektif. Peningkatan kualitas layanan konseling, kompetensi guru,suasana sekolah, dan keterlibatan orang tua menjadi langkah strategis untukmendorong prestasi akademik siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untukmengeksplorasi faktor lain yang dapat memengaruhi prestasi belajar, sepertimotivasi intrinsik dan teknologi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Peran Guru, Lingkungan Sekolah,Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Sri Karyantiana, S.Psi - Personal Name
Student ID
135832123
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Lutfan Muntaqo M.S.I - - Ketua Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail