• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[STUDI TENTANG METODE PEMBELAJARAN KITAB TUHFATUL ATHFAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAJWID DAN TAHSIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA’HAD MAMBAUL QUR’AN]]> Farikhah Muzayyanah, S. Ag. Pengarang Dr. Lutfan Muntaqo, SH, M.S.I Dosen Pembimbing 2 Dr.H.Abdurrahman Al-Asy'ari,M.Pd Dosen Pembimbing 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. Penguji 2 Dr. Lutfan Muntaqo M.S.I Ketua Penguji Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd.I Penguji 1
    Sangat penting bahwa pendidikan agama Islam membentuk karakter dankepribadian umat. Penguasaan al-Qur’an yang terdiri dari tajwid dan tahsin, adalahkomponen penting dalam pembelajaran agama. Tajwid mengatur cara membaca alQur’andenganbenar,dantahsinberkaitandenganmemperindahbacaanal-Qur’an.penguasaankedua aspek ini sangat penting di pondok pesantren, terutama diMa’had Mambaul Qur’an Wonosobo, untuk menghasilkan generasi yang tidakhanya memahami isi al-Qur’an tetapi juga mampu membacanya dengan benar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajarankitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkan kemampuan santri di Pondok PesantrenMa’had Mambaul Qur’an dalam tajwid dan tahsin. Penelitian ini dilakukan melaluipendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian adalah santri,guru/ustadzah, dan pengurus pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkanbahwa peningkatan pemahaman tajwid dan penerapan tahsin dalam tilawah alQur’andipengaruhisecarasignifikanolehpenerapankitabTuhfatulAthfalsebagaibahanajar utama. Model ini menguntungkan karena menyampaikan materisederhana tetapi mendalam secara sistematis, yang membantu santri memahamikaidah tajwid secara teoritis dan praktis. Selain itu, praktik langsung dan metodehafalan sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran. Studi ini menemukanbahwa model pembelajaran yang didasarkan pada kitab Tuhfatul Athfal sangatefektif dalam meningkatkan pembelajaran tajwid dan tahsin santri di pondokpesantren. Untuk memaksimalkan potensi model pembelajaran, penelitian inimenyarankan pengemabangan lebih lanjut dari metode pengajaran yang inovatifserta penyediaan pelatihan bagi tenaga pengajar. Kata kunci: Model Pembelajaran, Tuhfatul Athfal, Tajwid dan Tahsin