Ana Marifatun Hasanah.,S.Pd
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Mahfudz Junaedi, M.H.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 2
Drs. H. Z. Sukawi, M.A
Penguji 1
Dr.Lutfan Muntaqo, M.S.I
Ketua Penguji
Pesantren sangat penting dalam membentuk karakter seseorang di duniaglobalisasi kontemporer, dan pendidikan karakter di Indonesia diharapkan dapatmenawarkan cara terbaik untuk meningkatkan pendidikan yang lebih dipengaruhioleh prinsip-prinsip agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : a. Mengkajibagaimana pendidikan karakter diterapkan pada perilaku sehari-hari santriPesantren Al-Asy’ariyyah 3. b. Menentukan kegiatan sehari-hari di Pesantren AlAsy’ariyyah3 yang membantu dalam pengembangan karakter santri. c.Mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah 3 untuk meningkatkankarakter santri dengan memasukkan nilai-nilai pesantren ke dalam kegiatansehari-hari. Penulis penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatifdeskriptif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.Peneliti menarik beberapa kesimpulan yakni Pendidikan karakter di PondokPesantren Al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Kabupaten Wonosobo tahun 2024/2025dilaksanakan melalui pembiasaan perilaku Islami sehari-hari, denganmenanamkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, danpenghormatan melalui program pendidikan formal dan nonformal. Kegiatan rutinsantri, seperti shalat berjamaah, menghafal Al-Qur'an, mengaji kitab kuning, dankegiatan sosial, menjadi media pembelajaran praktis untuk memahami danmengamalkan nilai-nilai Islam. Upaya peningkatan karakter dilakukan melaluipengawasan pengasuh, keteladanan kyai dan ustadz, serta pembiasaan lingkunganyang kondusif. Program pembinaan berkelanjutan, seperti motivasi dan evaluasirutin, memastikan nilai-nilai Islami tercermin dalam perilaku santri.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Santri, PPTQ Al-Asy’ariyyah 3.