Fanira Putri Azahro, S.Pd
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Dr. Moh Sakir., M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 2
Dr.Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I.
Ketua Penguji
Dr. Faisal Kamal, M.Pd.I
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi budaya religiusdalam peningkatan keagamaan siswa di SD Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatandeskriptif yang memfokuskan pada penggambaran secara menyelurih tentangbentuk, fungsi, dan makna ungkapan dari informan. Teknik analisis datanyadilakukan melalui tahapan analisis data sebelum dilapangan, setelah dilapangandan data setelah selesai penelitian di lapangan. Hasil penelitian menunjukanbahwa penerapan budaya keagamaan di SD Takhassus Al-Qur’an dilakukanmelalui berbagai kegiatan, seperti pembiasaan shalat berjamaah, tadarus AlQur’an,pembelajaran akhlak Islami, serta peringatan hari besar keagamaan.Strategi yang digunakan mencakup integrasi nilai-nilai keagamaan ke dalamkurikulum, pemdampingan intensif oleh guru dan dukungan lingkungan yangkondusif. Dampaknya, siswa menunjukan peningkatan dalam pemahaman ajaranagama, kedisiplinan ibadah dan penerapan nilai-nilai. Penelitian inimenyimpulkan bahwa budaya religius memiliki peran signifikan dalammembentuk karakter religius siswa.
Kata Kunci : Budaya Religius, Keagamaan dan Siswa.