Atik Septiyana Rohmawati , S.Pd.I
Pengarang
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Dosen Pembimbing 1
Dr.Faisal Kamal, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 2
Dr. Nurul Mubin, M.S.I
Penguji 1
Dr.Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I.
Ketua Penguji
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konstruksi Profil PelajarPancasila Pada Diferensiasi Merdeka Belajar ( MBKM ) Di SD Negeri 1Rojoimo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakandi SDN 1 Rojoimo pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Data penelitiandiperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitianpada penelitian ini adalah kepala sekolah, Siswa Kelas V dan guru kelas V. Ujivaliditas menggunakan triangulasi teknik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila padakonsep merdeka belajar kurikulum merdeka telah dikonstruksikan di SDN 1Rojoimo Wonosobo. Tahapan Konstruksi melalui kegiatan projek telahdikonstruksikan sesuai dengan yang tertuang pada kemendikbud 2022, yaknidimulai dari memahami projek penguatan profil pelajar pancasila, menyiapkanekosistem sekolah, mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila,mengelola assesmen dan melaporkan projek penguatan profil pelajar pancasila,hingga evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar pancasila. Padatahap pelaksanaan, kepala sekolah juga terlibat secara aktif. Konstruksi profilpelajar pancasila juga sudah dikonstruksikan dengan baik melalui budaya sekolah,projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakulikuler,ekstrakulikuler, dan keteladanan.Dari hasil penelitian yang diperoleh, untuk kegiatan yang sudah terlaksana,warga sekolah diharapkan dapat menjaga keterlaksanaan berbagai kegiatantersebut. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memiliki manfaat bagipenelitian selanjutnya.
Kata Kunci: Konstruksi, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka