Prodi Magister Pendidikan Isla
SINERGITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MADRASAH TSANAWIYYAH AL ISHLAH PAGERUYUNG KENDAL TAHUN AJARAN 2024/2025
XML
Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai ras, suku, budayadan agama yang beragam. Hal tersebut bukan tidak mungkin menimbulkanberbagai perselisihan diantara berbagai kalangan terutama pelajar. Hal ini sangatkontras dengan sikap toleransi antar sesama. Pentingnya menanamkan nilai-nilaitoleransi sejak dini untuk mencegah terjadinya perselisihan antar sesama saat inimenjadi urgensi didunia pendidikan termasuk di MTs. Al Ishlah Pageruyung.Penelitian ini bertujuan untuk 1) Memahami konsep Pembelajaran Akidah Akhlakdalam proyek penguatan profil pelajar pancasila di MTs. Al Ishlah PageruyungKendal tahun ajaran 2024/2025; 2) Mengetahui pelaksanaan proyek penguatanprofil pelajar pancasila melalui pembelajaran akidah akhlak di MTs. Al IshlahPageruyung Kendal tahun ajaran 2024/2025; 3)Mengetahui hasil pelaksanaanproyek penguatan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran akidah akhlak diMTs. Al Ishlah Pageruyung Kendal tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalahpenelitian lapangan, menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh darisumber data primer dan data sekunder (observasi, wawancara, dan dokumentasiyang berkaitan dengan pembelajaran akidah akhlak dan P5). Adapun teknik analisisyang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep pembelajaran akidah akhlakdalam kegiatan gelar karya P5RA di MTs. Al Ishlah Pageruyung dengan temaBhinneka Tunggal Ika ini adalah mengenai akhlak terpuji yaitu besikap Tasamuhdan Ta’awun; 2) Pelaksanaan gelar karya P5RA di MTs. Al Ishlah dimulai dari tahapperencanaan, pembentukan tim fasilitasi pada tanggal 16 September 2024,mengidentifikasi tingkat kesiapan proyek, menentukan tema proyek secara umumyaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, menentukan topik secara spesifik, lalu timkoordinator merancang modul P5RA. Kegiatan ini juga memiliki beberapahambatan yang perlu dievaluasi seperti ketepatan waktu pelaksanaan, perancanganmodul yang kurang maksimal, faktor cuaca, sosialisasi kepada guru yang kurangmaksimal; 3) Terwujudnya 6 (enam) dimensi profil pelajar pancasila, yaituBeriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia denganpenerapan tasamuh dan ta’awun, bergotong royong saat persiapan dan tampil,bernalar kritis melalui penampilan karya orisinil, berkebhinnekaan globlal dengantema bhinneka tunggal ika, mandiri dengan mengerjakan persiapan sendiri denganteman satu kelompok dan kreatif dengan membuat karya-karya orisinil.
Kata Kunci: Pembelajaran, Akidah, Akhlak, P5RA
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Oriza Nurfitriani - Personal Name
|
Student ID |
133032123
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr.Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I. - - Ketua Penguji
Drs. H. Z. Sukawi, M.A - - Penguji 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |