Prodi Magister Pendidikan Isla
PENGARUH E- LEARNING BERBASIS CANDY SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model e-learning berbasis CandySchool dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah KebudayaanIslam (SKI) siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Wonosobo. Transformasi digitaldalam dunia pendidikan telah mendorong penggunaan teknologi seperti e-learning untukmeningkatkan efektivitas pembelajaran. Dalam konteks ini, Candy School sebagaiLearning Management System (LMS) memberikan fasilitas pembelajaran yang interaktifmelalui media elektronik, yang diintegrasikan dengan motivasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 154siswa dari MAN 2 Wonosobo yang dipilih secara acak dari total 1.538 siswa (448 siswakelas X, 445 siswa kelas XI, dan 445 siswa kelas XII). Variabel yang dianalisis meliputimodel e-learning berbasis Candy School (X1), motivasi belajar (X2), dan prestasi belajarSKI (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, kemudiandianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh simultan danparsial variabel independen terhadap variabel dependen.Dari hasil uji Freg, diketahui bahwa terdapat pengaruh model e-learning berbasis CandySchool dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar SKI siswa kelas X MA Negeri 2Wonosobo tahun pelajaran 2023/ 2024. Diketahui hasilnya dengan caramengkonsultasikan nilai Fhitung dengan Ftabel dengan dengan db = m sebesar 2 lawanN-m-1 yaitu 43-2-1= 40, menghasilkan nilai harga Ftabel 5% = 3.23 dan 1% = 5.18 JadiFreg = 16.563 > dari Ftabel 5% = 3,23 dan 1% = 5,18 serta ditunjukkan dengan nilaisignifikansi 0,00 < 0,05 berarti signifikan. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruhmodel e-learning berbasis Candy School dan motivasi belajar terhadap prestasi belajarSKI kelas X MA Negeri 2 Wonosobo tahun pelajaran 2023/ 2024. Adapun besarnyapengaruh antara variabel model e-learning berbasis Candy School dan motivasi belajarterhadap prestasi belajar SKI adalah sebesar 45,3% dan sisanya variabel lain sebesar(100% - 45,3% = 54,7%)xixHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari modele-learning berbasis Candy School terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar jugaberpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan, kedua variabelindependen memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar SKIsiswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru dan lembaga pendidikandalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif melalui teknologi digital.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan modelpembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnyapada mata pelajaran SKI di lingkungan pendidikan Islam.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Rofingul Khusnu Karim, S.Pd - Personal Name
|
Student ID |
1328.32.1.23
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |