PERAN GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒUL QUR’AN (ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ DI PONDOK PESANTREN YAQUTUN NAFIS BANJARNEGARA)

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

PERAN GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒUL QUR’AN (ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ DI PONDOK PESANTREN YAQUTUN NAFIS BANJARNEGARA)

XML

Latar belakang penelitian ini berangkat dari kegelisahan akademik yangmencermati maraknya pondok pesantren taḥfīẓ dan program hafalan AlQur'an,namundengankualitasdansyi'arlulusannyayangtidaksignifikan.Halini menjadi perhatian mengingat banyaknya santri yang lulus dariberbagai pondok pesantren, namun prestasi yang dihasilkan sering kali tidaksebanding dengan upaya yang dilakukan. Berbeda dengan Pondok PesantrenYaqutun Nafis yang mampu melahirkan santri-santri berprestasi, penelitianini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yangberkontribusi terhadap keberhasilan tersebut, terutama peran guru dalamproses pembelajaran taḥfīẓ.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keinginanuntuk mengetahui lebih lanjut peran guru dan strategi pembelajaran yangditerapkan di Pondok Pesantren Yaqutun Nafis. Fokus utama penelitian iniadalah untuk mengidentifikasi bagaimana interaksi antara guru dan santriserta metode pengajaran yang digunakan dapat mempengaruhi hasil belajarsantri dalam hafalan Al-Qur'an. Dengan demikian, penelitian ini berupayamemberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai dinamikapembelajaran taḥfīẓ serta peran strategis guru dalam menciptakan lingkunganbelajar yang efektif dan produktif.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif deskriptif dengan studi lapangan. Sumber data informasi diperolehdari wawancara dengan pengasuh, pengurus, dan santri, serta dokumentasiyang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancaramendalam dan observasi langsung, sedangkan analisis data dilakukan denganreduksi, penyajian, dan verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkanbahwa peran guru dalam kesuksesan belajar santri sangat signifikan. Guruyang ideal memiliki kriteria khusus yang sejalan dengan komponen utamakepemimpinan transformasional, berfungsi sebagai sosok motivator yanginspiratif. Selanjutnya, keberhasilan program taḥfīẓ di Yaqutun Nafis jugadikarenakan penggunaan metode pengajaran tradisional yang telah terbuktiefektif, yaitu metode sima'i dan arudhi, yang memperkuat daya serap danpemahaman santri terhadap hafalan Al-Qur'an.
Kata Kunci: Peran Guru, Transformasional, Leadership, Sima’i,Arudhi


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Sri Puryantiningsih - Personal Name
Student ID
1326.32.1.23
Dosen Pembimbing
Dr. Lutfan Muntaqo, SH, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Faisal Kamal, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail