Prodi Magister Pendidikan Isla
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MADRASAH UNGGULAN MI MA’ARIF KLIWONAN WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Implementasi PengembanganKompetensi Guru di MI Ma’arif Kliwonan; (2) Mengetahui Faktor Pendukungdan Penghambat Pengembangan Kompetensi Guru di MI Ma’arif Kliwonan; (3)Mengetahui Dampak Pengembangan Kompetensi Guru di MI Ma’arif Kliwonan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitianya bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah,wakil kepala bidang pendidikan, wakil kepala bidang kurikulum, komite, guru,ustadz/ustadzah, pengawas dan wali murid. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknikpemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapunteknik analisis yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data,verivikasi dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) pengembangan kompetensiguru dilaksanakan dengan model HRD (Human Resource Development). Dalampelaksanaanya, pengembangan kompetensi dikelompokkan menjadi empat yaitupengembangan kompetensi berdasar performa, unjuk kerja, profesionalisme danprogram unggulan; 2) Faktor pendukung pengembangan kompetensi guru: tingkatpendidikan guru yang sudah sesuai atau linier, pengalaman mengajar yang lama,pelatihan, kepemimpinan kepala madrasah, gaji dan tunjangan yang layak danperan aktif komite. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: waktu yangberbenturan antara pelatihan dengan kegiatan pengajaran atau kegiatan yang lain,kurangnya pemahaman sebagian guru tentang tugas dan tanggung jawab sebagaiseorang guru, penentuan waktu pelatihan karena kesibukan narasumber dan biayayang relative besar. 3) Dampak pengembangan kompetensi guru bagi madrasah,fokus pada program madrasah, daya saing madrasah meningkat, dan kepercayaanmasyarakat terhadap madrasah meningkat. Bagi Guru, terwujudnya guru yangprofessional sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan profesi. Bagisiswa, meningkatnya mutu siswa dan lulusan. Adapun dampak negatif yangtimbul yaitu pengembangan kompetensi guru yang diikuti asal-asalan hanyabersifat menggugurkan kewajiban dan bersifat ceremonial belaka, rendahnya mutuguru di madrasah berarti rendahnya mutu proses pembelajaran, menurunyakepercayaan wali murid dan masyarakat.
Kata Kunci: Pengembangan Kompetensi
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Muarif, S.Pd.SD. - Personal Name
|
Student ID |
1297.31.1.22
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr.Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I. - - Ketua Penguji
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |