Prodi Magister Pendidikan Isla
MANAJEMEN PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH WONOSOBO DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2023/2024
XML
Mutu menjadi tolak ukur dalam melihat segala sesuatu bagi konsumen ataupeminat, termasuk pendidikan. Pendidikan harus mempunyai mutu yang baik agartetap bertahan. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dapat ditempuhmelalui menajemen kurikulum. pondok pesentren yang menjadsi salah satupendidikan islam tertua juga harus mampu mempertahankan eksistensinya yangrelevan dengan kebutuhan masyarakat. Manajemen kurikulum tersebut diharapkanmampu meningkatkan mutu pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum pondokpesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren TahfidzulQur’an Al-Asy’ariyyah Wonosobo, 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung danpenghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada di Pondok PesantrenTahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Wonosobo, dan 3) Hasil peningkatan mutupembelajaran melalui manajemen kurikulum Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’anAl-Asy’ariyyah WonosoboPenelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studikasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primerbersumber: pengasuh, ustadz/ustadzah, pengurus dan santri. Sedangkan sumbersekunder berasal dari dokumen kurikulum yang diterapkan Pondok PesantrenTahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Wonosobo, dan dokumen atau berbagai tulisanilmiah yang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknikanálisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data (Data Reduction); 2) Penyajian Data(Data Display); dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas datameliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kurikulum dalammeningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahWonosobo sudah terlaksana dengan baik mulai dari kegiatanperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukungdalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahWonosobo:a)dukungandaripengasuhdankepalapondokpesantren,b)latarbelakangpendidikanustadzyanglinierdenganmatapelajaranyangdiampu,danc)ketersediaansaranadanprasaranapendidikanyangmendukung.Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalah:masih ada sebagian santri yang memiliki motivasibelajar rendah dan Pengaruh dari luar pesantren. Hasil peningkatan mutupembelajaran pada melalui manajemen kurikulum di Pondok Pesantren TahfidzulQur’an Al-Asy’ariyyah Wonosobo: kesesuaian, daya tarik, efektivitas, efisiensi danproduktivitas.
Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Mutu Pembelajaran
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Muhamad Asif Barkhiya Rohman - Personal Name
|
Student ID |
1256.31.1.22
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70134
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |