Prodi PIAUD
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA CLAY DI KELOMPOK CERDAS BKB CERDAS CERIA KETINGGRING KALIANGET WONOSOBO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XML
Anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca indranyasehingga pengetahuan yang di dapatkanya tersebut dapat berguna bagi dirinya danlingkunganya. Bermain bagi anak merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan,gembira, fleksibel, tidak terikat, membuat kepuasan batin. Potensi-potensi yangdimilikinya dikembangkan dalam bentuk berbagai kegiatan yang diwujudkandalam berbagai ekspresi diri secara kreatif. Kegiatan bermain clay merupakansalah satu kegiatan stimulus perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui kemampuan anak mengenal warna. (2) Mengetahui penggunaanmeida clay dalam stimulus perkembangan anak. (3) Mengetahui peningkatankemampuan anak setelah menggunakan media bermain clay.Penelitian ”Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Warna MelaluiMedia Clay di Kelompok Cerdas BKB Cerdas Ceria Ketinggring KaliangetWonosobo Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024” ini merupakanpenelitian tindakan kelas, Penelitian Tindakan Kelas di BKB Cerdas Ceriadilaksanakan pada 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. berdasarkanhasil observasi dan wawancara bersama guru kelas Cerdas BKB Cerdas Ceriapeneliti menemukan bahwa dari seluruh jumlah siswa yaitu 15 anak. Teknikpengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Konsep media yang menarik membuat anak lebih mudah di dalammengenal warna. Peningkatan kemampuan mengenal warna dengan penggunaanmedia clay pada anak usia dini di kelas Cerdas BKB Cerdas Ceria KetinggringKabupaten Wonosobo dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan awal anakmengenal warna masih cukup rendah berdasarkan hasil observasi. 2) Penggunaanmedia clay untuk menstimulus anak mengenal warna dilaksanakan dalam duasiklus. 3) Peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada siklus I mengalamipeningkatan meski belum singnifikan, Peningkatan terjadi pada siklus II dimanakemampuan anak mengenal warna di kelompok Cerdas BKB Cerdas Ceriamencapai indikator keberhasilan yang diharapkan peneliti sehingga dapatdiputuskan untuk tidak melanjutkan ke siklus berikutnya.
Kata Kunci: Penggunaan, Media clay, Mengenal Warna
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Diyah Tri Estuti - Personal Name
|
Student ID |
2020240018
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |