Prodi PIAUD
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI POS PAUD KASIH BUNDA SUROJOYO
XML
Media pembelajaran ialah suatu perantara, sarana yang dipergunakan dalam prosespembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran bagi anak usiadini selayaknya mengenakan media yang menarik, mampu memberikan stimulus padasetiap aspek perkembangan, diantaranya adalah perkembangan kognitif. Kognitifberkaitan dengan kecerdasan atau intelegensi pada seseorang, melalui banyak minat sertaide-ide dalam belajar. Permasalahan yang terjadi adalah perkembangan kognitif anakmasih rendah karena media yang digunakan kurang menarik. Perkembangan kognitifpada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media pembelajaran digitalyaitu canva. Canva termasuk jenis dari fitur aplikasi yang dapat dioperasikan secaraonline dengan bermacam tampilan desain yang sangat menarik, contohnya berbagaitemplate dan fitur-fitur. Tujuan penetilian ini untuk: 1) Mengetahui penerapan mediapembelajaran anak usia dini berbasis Canva di PP Kasih Bunda Surojoyo. 2) Mengetahuipeningkatan kognitif anak dengan media pembelajaran berbasis Canva di PP Kasih BundaSurojoyo. 3) Mengetahui hambatan dalam meningkatkan kognitif anak dengan mediaCanva di PP Kasih Bunda Surojoyo.Jenis penelitiannya yaitu menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitianberjumlah 9 anak pada kelompok B yaitu 5 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Teknikpengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalambentuk pedoman wawancara, lembar observasi serta dokumentasi. Keabsahan datamelalui tehnik trigulasi dengan menggabungkan teknik observasi, wawancara, jugadokumentasi. Analisis data dengan cara menyeleksi data lalu memaparkan sekaligusmendeskripsikan data untuk ditarik sebuah kesimpulan.Hasil penelitian mengartikan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis canvamelalui beberapa langkah yaitu 1) Mempersiapkan perencanaan, menyampaikan tujuanpembelajaran, menyiapkan tempat dan media canva, menyampaikan materi, danpengamatan. 2) Media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan kemampuankognitif pada anak, terbukti dari 9 anak dalam subjek penelitian. 2 anak memperolehkategori berkembang sangat baik dan 7 anak memperoleh kategori berkembangs esuaiharapan. 3) Hambatannya adalah tidak semua guru mampu menggunakan canva,kemampuan mengelola waktu yang baik dan memilih media yang sepadan dengan materi.Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis canva efektif dalam meningkatkankemampuan kognitif pada anak usia dini.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Canva, Kemampuan Kognitif
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Triningsih - Personal Name
|
Student ID |
2018240145
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |