• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI TK AL-MADINA WONOSOBO]]> Ma’rifatus Solikhah Pengarang Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I Dosen Pembimbing 2 Hidayatu Munawaroh, M.Pd.I Dosen Pembimbing 1 Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. Penguji 1 Chairani Astina, M.Pd Penguji 2
    Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran RolePlaying dalam menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini, 2)Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan jiwakewirausahaan pada anak usia dini melalui pembelajaran Role Playing.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatifdeskriptif lapangan (field research) dimana peneliti mengamati langsung objekyang akan diteliti guna mendapatkan data yang lebih relevan. Objek penelitiandilakukan di TK Al-Madina Wonosobo dan subjek penelitian pada siswa TK AlMadinakelasTKB(Aminah1)yangberjumlah16siswa.Teknik pengumpulandata menggunakan metode observasi non participant, wawancara terstruktur dandokumentasi. Analisis dari penelitian ini menggunakan triangulasi sumber datamel;alui reduksi data, penyajian data dan verifkasi data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Di TK Al-Madina dalammenanamkan jiwa kewirausahaan pada anak melalui pembelajaran Role Playing.Beberapa kegiatan Role Playing yang dapat menanamkan jiwa kewirausahaanpada anak usia dini di TK Al-Madina, yaitu Role Playing membuat bentuk bakso,dalam kegiatan ini jiwa kewirausahaan anak muncul dengan mempunyai motifberprestasi tinggi dimana anak mampu menyelesaikan membuat bakso, mampuberkreasi dalam membentuk bakso, serta mempunyai inovasi dalam membuatberbagai bentuk bakso. Role Playing memasak bakso, dalam kegiatan memasakatau anak berperan sebagai cooky jiwa kewirausahaan muncul dengan mempunyaipandangan kedepan (selalu perspektif), mempunyai komitmen, semangat,bertanggung jawab dan mandiri. Role Playing jual beli bakso, jiwa kewirausahaanmuncul saat anak mampu berkomunikasi dengan baik, mampu berkata jujur (jiwapemimpin), berani menghadapi resiko, selalu mencari peluang dalam memperolehkeuntungan dari berdagang. 2) a. Faktor pendukung dalam menanamkan jiwakewirausahaan pada anak usia dini melalui pembelajaran Role Playing sepertimedia pembelajaran yang efektif, teknik mengajar yang menarik, guru yang aktifdan kreatif, dan bekerjasama dengan orangtua. b. Faktor penghambat dalammenanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini melalui pembelajaran RolePlaying, seperti anak tiadk mau berbagi dan merebut milik orang lain dan anakkurang patuh atau tidak mau mengikuti aturan. Kata Kunci: Jiwa Kewirausahaan, Anak Usia Dini, Role Playing.