IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGSARI TAHUN AJARAN 2024/2025

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGSARI TAHUN AJARAN 2024/2025

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penggunaan modelpembelajaran Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasaindonesia siswa kelas III di MI Muhammadiyah Karangsari Tahun Ajaran2024/2025. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III MIMuhammadiyah Karangsari tahun 2024/2025 setelah diterapkan modelpembelajaran Total Physical Response (TPR)?Skripsi ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus di bagi menjadi tiga pertemuan. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,dan tes. Padapenelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal-soaltes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Datakualitatif di analisis dengan analisis model interaktif Miles & Huberman. 2) Datakuantitatif di analisis dengan mencari rata-rata nilai dan presentase tingkatketuntasan belajarHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran Total Physical Response (TPR) ini terbuktisangat berpengaruh besar terhadap semangat belajar siswa dalam pembelajaranbahasa indoonesia. 2) Implementasi model pembelajaran Total Physical Response(TPR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III.Hasilbelajar pada pretest sebesar 54,9 pada prasiklus dan mengalami peningkatanmenjadi 64 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan lagi menjadi 79,4pada siklus II.Kenaikan hasil belajar ini juga di iringi dengan peningkatan jumlahpeserta didik yang mencapai KKM 70 yaitu 3 orang ( 30% ) pada siklus I,menjadi8 orang (80%) pada siklus II.Berdasarkan hasil yang telah di capai,dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Total Physical Response (TPR) dapatditerapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar,khususnyaberkaitan dengan materi cuaca.
Kata Kunci : Model Pembelajaran,Total physical response,Hasil Belajar,BahasaIndonesia


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ngaisah - Personal Name
Student ID
2020030075
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Faisal Kamal, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail