Prodi PGMI
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGSARI TAHUN AJARAN 2024/2025
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penggunaan modelpembelajaran Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasaindonesia siswa kelas III di MI Muhammadiyah Karangsari Tahun Ajaran2024/2025. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III MIMuhammadiyah Karangsari tahun 2024/2025 setelah diterapkan modelpembelajaran Total Physical Response (TPR)?Skripsi ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus di bagi menjadi tiga pertemuan. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,dan tes. Padapenelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal-soaltes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Datakualitatif di analisis dengan analisis model interaktif Miles & Huberman. 2) Datakuantitatif di analisis dengan mencari rata-rata nilai dan presentase tingkatketuntasan belajarHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran Total Physical Response (TPR) ini terbuktisangat berpengaruh besar terhadap semangat belajar siswa dalam pembelajaranbahasa indoonesia. 2) Implementasi model pembelajaran Total Physical Response(TPR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III.Hasilbelajar pada pretest sebesar 54,9 pada prasiklus dan mengalami peningkatanmenjadi 64 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan lagi menjadi 79,4pada siklus II.Kenaikan hasil belajar ini juga di iringi dengan peningkatan jumlahpeserta didik yang mencapai KKM 70 yaitu 3 orang ( 30% ) pada siklus I,menjadi8 orang (80%) pada siklus II.Berdasarkan hasil yang telah di capai,dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Total Physical Response (TPR) dapatditerapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar,khususnyaberkaitan dengan materi cuaca.
Kata Kunci : Model Pembelajaran,Total physical response,Hasil Belajar,BahasaIndonesia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ngaisah - Personal Name
|
Student ID |
2020030075
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |