Prodi PGMI
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DI KELAS III MI MOJOSARI
XML
Skripsi ini bertujuan untuk (1) Menganalisis bagaimana peningkatan hasilbelajar siswa pada siswa kelas III MI Mojosari setelah diterapkan Metodepembelajaran True Or False. (2) Untuk mengetahui apakah penggunaan Metodepembelajaran True Or False dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materibahasa inggris kelas III MI Mojosari. (3) Untuk mengetahui peningkatan Motivasibelajar bahasa inggris siswa kelas III MI Mojosari setelah diterapkannya Metodepembelajaran True Or False.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa III B MI Mojosariyang berjumlah 34 siswa. Pemberian tes dilakukan sebanyak 2 kali dengan bentuksoal uraian, tes pertama untuk melihat pemahaman siswa terhadap pembelajaranbahasa inggris tentang materi Characteristic of Living Thing sedangkan tes keduauntuk melihat pemamaham siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris tentangmateri Benefit Of Plant.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode True Or False dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris dari siklus Ike siklus II. Proses kegiatan pembelajaran siklus I menghasilkan peningkatandaripada pra silkus dimana hanya 26% siswa yang mencapai ketuntasan klasikal,yang lebih rendah dari target yang diharapkan yaitu 75%. Pada silkus 1 terlihatpresentase nilai hasil belajar siswa kelas III B yang mencapai 41% atau 14 siswabelum tuntas. Sementara, 59% siswa telah tuntas atau melebihi KKM, dengan 20siswa mencapai pencapaian tersebut. Kemudian pada siklus II, hasil belajar siswameningkat lebih baik dari siklus I dapat terlihat bahwa 82% atau 28 siswamemiliki hasil belajar yang baik, sedangkan 18% atau 6 siswa memiliki hasilbelajar yang kurang.Menurut pendapat siswa setelah menerapkan metode pembelajaran True OrFalse dalam pelajaran bahasa Inggris. Siswa menjadi lebih bersemangat, kelasterasa menyenangkan dan tidak membosankan seperti pembelajaran sebelumnya.Penerapan PTK di MI Mojosari dinilai cukup baik karena berhasil meningkatkankualitas pembelajaran bahasa Inggris, terbukti dengan adanya peningkatan nilairata-rata siswa dan perbaikan perilaku mereka di sekolah.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris, Metode True OrFalse
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurtitara Dewi Rachmawati - Personal Name
|
Student ID |
2020030071
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |