Prodi PGMI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA LANJUT PADA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KADIPATEN SELOMERTO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2024/2025
XML
Skripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui keterampilan membaca lanjutpada siswa kelas V di MI Ma‟arif Kadipaten; 2) untuk mengetahui penerapanpembelajaran kooperatif tipe SQ3R dalam peningkatan keterampilan membacalanjut pada siswa kelas V MI Ma‟arif Kadipaten; 3) untuk mengetahuipeningkatan keterampilan membaca lanjut pada siswa kelas V di MI Ma‟arifKadipaten.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). MenurutKemmis & McTaggart prosedur penelitian tindakan kelas terdari dari empattahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknikpengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dandokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Ma‟arif Kadipatenyang berjumlah 16 siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajarankooperatif tipe SQ3R untuk peningkatan keterampilan membaca lanjut khususnyakelas V dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai terendah siswa pada awalprasiklus 40 menjadi 75, nilai tertinggi siswa dari 70 menjadi 100, dan siswa yangtuntas KKM dari 4 siswa menjadi 16 atau semua siswa telah lulus KKM.Sedangkan prosentase ketuntasan siswa yaitu prasiklus 55.94%, siklus I 67.19%,dan semakin meningkat pada siklus II yaitu 87.81%. Sehingga penerapanpembelajaran kooperatif tipe SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membacalanjut siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, SQ3R, Keterampilan Membaca Lanjut
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis llmiah
|
---|---|
Penulis |
Ika Nurhayati - Personal Name
|
Student ID |
2020030068
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |