• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 TAPEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 TAPEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 TAPEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

    XML

    Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi modelPjBL berbasis outdoor study untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa padamata pelajaran IPAS. 2) Mengetahui bagaimana tingkat kemandirian belajar siswamenggunakan model pembelajaran PjBL berbasis outdoor study pada matapelajaran IPAS. 3) Mengetahui penerapan model pembelajaran PjBL berbasisoutdoor study efektif untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada matapelajaran IPAS.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenispenelitiannya penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretestposttestdesign. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa SD Negeri 1 Tapen Banjarnegara dengan jumlah 148 siswa,sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1Tapen dengan jumlah 27 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah1) uji prasyarat, meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan 2) uji hipotesis,meliputi uji t (t-Test sampel berpasangan/related) dan uji gain (N-Gain).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Project BasedLearning (PjBL) berbasis outdoor study pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDNegeri 1 Tapen Banjarnegara berada dalam kategori efektivitas yang tinggi. Dapatdilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diukur menggunakan skaladikotomi, diperoleh tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91.30% yangartinya berada pada kategori efektivitas yang tinggi. 2) Terdapat peningkatankemandirian belajar siswa sesudah diberikan perlakuan menggunakan modelpembelajaran PjBL berbasis outdoor study sebesar 76.30 yang termasuk dalamkategori cukup efektif dan peningkatan sebesar 41.85 sebelum diberikan perlakuanberupa pembelajaran konvensional dengan kategori rendah. 3) Model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) berbasis outdoor study berpengaruh secarasignifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis uji tmenggunakan aplikasi SPSS versi 29 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001yang berarti bahwa nilai signifikan < 0.05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
    Kata Kunci: Project Based Learning, Outdoor Study, Kemandirian Belajar


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Dias Dwi Utami - Personal Name
    Student ID
    2020030001
    Dosen Pembimbing
    Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Bambang Sugiyanto, S.Pd.I., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Penguji 1
    Nasokah, Alh., M.Ag. - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    PGMI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail