MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI PENDIDIKAN DINIYYAH FORMAL (PDF) ULYA PONDOK PESANTREN AL- MUBAAROK MANGGISAN, WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI PENDIDIKAN DINIYYAH FORMAL (PDF) ULYA PONDOK PESANTREN AL- MUBAAROK MANGGISAN, WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran, penerapanmodel pembelajaran, kelebihan dan kekurangan model pembelajara n yangdigunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Pendidikan DiniyyahFormal (PDF) Ulya Pondok Pesantren Al- Mubaarok.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metodekualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasipartisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah triangulasi dan refleksi data kemudian melakukan reduksi datadan penyimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Bahasa Arab yangdigunakan di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya kelas XI di Pondok PesantrenAl-Mubaarok adalah model langsung. (2) Penerapannya guru mengawali denganmembuka pelajaran, absensi, review pelajaran sebelumnya, guru menjelaskanpelajaran dengan teacher centered, tanya jawab kemudian refleksi dan kelasditutup. (3) kelebihan dan kekurangan penerapan model langsung di PendidikanDiniyah Formal (PDF) Ulya kelas XI di Pondok Pesantren Al-Mubaarok memilikikelebihan yaitu lebih sinkron dengan mata pelajaran di pondok, guru lebih bisaberinovasi dalam mengajar, siswa terkondisikan dalam hal adab dan tata karma.Sementara itu kekurangannya tampak hanya pada tataran tehnis, yaitu padapenyiapan materi yang lebih ekstra, siswa kadang menemui kejenuhan saatmenemui tema pelajaran yang tida menarik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhammad Irhamurrohman - Personal Name
Student ID
2022040039
Dosen Pembimbing
Mukromin, Alh, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail