Prodi Pendidikan Bahasa Arab
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI PENDIDIKAN DINIYYAH FORMAL (PDF) ULYA PONDOK PESANTREN AL- MUBAAROK MANGGISAN, WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024
XML
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran, penerapanmodel pembelajaran, kelebihan dan kekurangan model pembelajara n yangdigunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Pendidikan DiniyyahFormal (PDF) Ulya Pondok Pesantren Al- Mubaarok.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metodekualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasipartisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah triangulasi dan refleksi data kemudian melakukan reduksi datadan penyimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Bahasa Arab yangdigunakan di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya kelas XI di Pondok PesantrenAl-Mubaarok adalah model langsung. (2) Penerapannya guru mengawali denganmembuka pelajaran, absensi, review pelajaran sebelumnya, guru menjelaskanpelajaran dengan teacher centered, tanya jawab kemudian refleksi dan kelasditutup. (3) kelebihan dan kekurangan penerapan model langsung di PendidikanDiniyah Formal (PDF) Ulya kelas XI di Pondok Pesantren Al-Mubaarok memilikikelebihan yaitu lebih sinkron dengan mata pelajaran di pondok, guru lebih bisaberinovasi dalam mengajar, siswa terkondisikan dalam hal adab dan tata karma.Sementara itu kekurangannya tampak hanya pada tataran tehnis, yaitu padapenyiapan materi yang lebih ekstra, siswa kadang menemui kejenuhan saatmenemui tema pelajaran yang tida menarik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Irhamurrohman - Personal Name
|
Student ID |
2022040039
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |