Prodi Pendidikan Bahasa Arab
STUDI KASUS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 8 DI SMP AL-MADINA WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasipembelajaran bahasa Arab di SMP Al-Madina Wonosobo 2) Untuk mengetahui apasaja yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab siswa di SMP Al-MadinaWonosobo 3) Untuk mengetahui dampak dari pembelajaran berdiferensiasiterhadap minat siswa di SMP Al-Madina Wonosobo.Skripsi ini menggunaka pendekatan penelitian kualitatif studi kasus denganjenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalahteknik analisis kualitatif yang artinya mengnalisis, menggambarkan, sertameringkas berbagai kondisi, situasi dari beberapa data yang telah dikumpulkanpeneliti melalui wawancara, kuesioner, maupun pengamatan secara langsung yangtelah dilakukan oleh peneliti. Analisis ini terdiri dari empat tahap yaitupengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran berdiferensiasi siswabisa menentukan sendiri kebutuhan dan gaya belajarnya seperti apa da jugamemudahkan siswa dalam mengekspresikan kegiatan belajar di kelas. Langkahguru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu denganmengelompokkan siswa sesuai dengan kebutuhan dan minat belajar siswa,memberikan media belajar sesuai kebutuhan siswa dan menjelaskan materi yangsudah dimuat dalam bentuk yang berbeda-beda. 2) Faktor yang mempengaruhiminat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab dibagi menjadi dua yaitufaktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari semangat atau minatsiswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan dari motivasi guru terhadapmuridnya. Sedangkan faktor eksternal berasal dari media pembelajaran yangdidapatkan di kelas. 3) Dampak pembelajaran berdiferensisi yang diterapkan diSMP terbagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifdari pembelajaran berdiferensiasi yaitu peningkatan motivasi belajar siswa terhadapmata pelajaran bahasa Arab. Sedangkan dapak negatifnya yaitu pembelajaran yangmemerlukan banyak waktu seperti memerlukan dua pertemuan untuk satu materidan adanya keterbatasan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Faktor Minat Siswa, DampakPembelajaran Berdiferensiasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Frans Maulana Andika - Personal Name
|
Student ID |
2020040051
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |