Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE AL-QOWA’ID WA-TARJAMAH (STUDI IMPLEMENTASI KITAB AL-GHURROTUS SANIYYAH DI MADRASAH DINIYAH WUSTHO ‘ULYA PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO)
XML
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan Pembelajaran Qowa’idxxiiNahwu dengan Metode al-Qowa’id wa Tarjamah kitab Al- Ghurrotus Saniyah diMadrasah Diniyyah Wustho-‘Ulya., (2) faktor pendukung dan penghambatpenggunaan kitab Al-Ghurrotus Saniyyah dalam pembelajaran Qawa’id Nahwudengan Metode al-Qowa’id wa Tarjamah di Madrasah Diniyyah Wustho-‘Ulya., (3)Sistem evaluasi kitab Al-Ghurrotus Saniyyah dalam pembelajaran Qawa’id Nahwudengan Metode al-Qowa’id wa Tarjamah di Madrasah Diniyyah Wustho-‘Ulya.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyaadalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah denganreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran Nahwu yaitusantri diberikan materi yang ada di dalam kitab Al-Ghurrotus Saniyyah, kemudiansantri diminta membaca materi yang akan diajarkan. Setelah itu ustadz menjelaskanmaksud dari materi yang sudah dibaca santri kemudian ustadz juga memberikancontoh dari materi tersebut. Bukan hanya ustadz, santri juga diminta untuk membuatcontoh dan menghafal materi yang kemudian akan diminta oleh ustadz untukdipresentasikan di pertemuan berikutnya. (2) Faktor yang mendukung dalampembelajaran yaitu santri sudah dapat memahami materi yang diajarkan, sudah cukupbisa dalam membaca kitab kuning, karena dalam kitab tersebut bahasanya mudahdipahami strategi yang ditambahkan dengan sistem hafalan, dan penjelasan yang baikdari ustadz. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terkadang kelas yang akandigunakan masih belum selesai untuk acara, santri belum sepenuhnya memahamimateri yang diajarkan dan belum memahami secara keseluruhan dalam membacakitab kuning karena latar belakang dan kemampuan santri yang berbeda-beda. (3)Sistem evaluasi dengan kitab Al-Ghurrotus Saniyyah yang dilaksanakan di MadrasahDiniyah Wustho-‘ulya Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah terdapat dua macamevaluasi, yaitu evaluasi per-minggu dan evaluasi per-semester. Evalusai per-minggudilaksanakan per-tiga minggu sampai per-empat minggu sekali dengan hafalan danpenerapan terhadap materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Sedangkan evaluasiper-semester dilaksanakan satu kali setiap semester dengan tes secara tertulis, yaitumengerjakan soal uraian maupun soal pilihan ganda.
Kata Kunci: Pembelajaran, Nahwu, metode Al-Qowa’id wa-Tarjamah, kitab AlGhurrotusSaniyyah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Syifa’uzzahroh - Personal Name
|
Student ID |
2020040034
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |