IMPLEMENTASI BUKU AJAR METODE AL-ARBA’IN FINNAHWI WASHORFI WALLUGOH DALAM PENGUASAAN QOWĀ’ID DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AL-ARBA’IN TLOGOREJO WONOSALAM DEMAK JAWA TENGAH

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI BUKU AJAR METODE AL-ARBA’IN FINNAHWI WASHORFI WALLUGOH DALAM PENGUASAAN QOWĀ’ID DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AL-ARBA’IN TLOGOREJO WONOSALAM DEMAK JAWA TENGAH

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: )1) Mengetahui proses pembelajaran qowa 'iddengan buku ajar Metode Al Arba'in Finnahwi Washorfi Wallughoh di PondokPesantren Al Mubarok Al Arba'in Demak. )2) Untuk mengetahui faktorpendukung dan fakto penghambat pembelajaran qowa‟id dengan buku ajarMetode Al Arba'in Finnahwi Washorfi Wallughoh di Pondok Pesantren AlMubarok Al Arba'in Demak. )3) Untuk mengetahui teknik evaluasi pembelajaranqowa 'id dengan buku ajar Metode Al Arba'in Finnahwi Washorfi Wallughoh diPondok Pesantren Al Mubarok Al Arba'in Demak.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenispenelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yangdigunakan. adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: )1) proses pembelajaran qowa‟iddilaksanakan selama 2 jam dan sehari 6 kali pertemuan, santri diberikan beberapapenjelasan dan contoh, kemudian santri diperintahkan untuk memahami danmenghafalkan materi yang ada dalam buku ajar Metode Al Arba'in FinnahwiWashorfi Wallughoh, santri juga dituntut untuk mampu menjabarkan danmenerapkan kaidah-kaidah nahwu dan shorof yang sudah diajarkan )2) faktor.pendukung pembelajaran menggunakan buku ajar Metode Al Arba in FinnahwiWashorfi Wallughoh yaitu persepsi dari santri terhadap pentingnya belajar qowa'id sebagai sumber murni dalam memahami kitab. Adapun faktor penghambatnyabeberapa santri yang masih perlu adaptasi dengan lingkungan. pondok pesantren.)3) teknik evaluasi di Pondok Pesantren Al Mubarok Al Arba'in Demak dilakukansaat proses pembelajaran dengan cara menerapkan atau mempraktikkanpembelajaran qowa 'id dan evaluasi juga dilakukan setiap bulannya dengan ujianlisan terdiri dari 3 penguji dimana santri diberikan soal untuk menjelaskan,menghafal, mentarkib dan mengi'lal.
Kata Kunci: Buku Ajar, Metode Pembelajaran, Qowa‟id Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RUSMAWATI - Personal Name
Student ID
2020040002
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail