Prodi Pendidikan Bahasa Arab
MAF’UL MUTHLAQ DALAM JUZ ‘AMMA (Kajian Sintaksis dan Pembelajarannya untuk Kelas XI/Genap Madrasah Aliyah)
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ruang lingkup dan strukturmaf‟ul muthlaq dalam juz „amma 2) mengetahui kajian sintaksis maf‟ul muthlaqdalam juz „amma 3) serta mengetahui langkah-langkah pembelajaran maf‟ulmuthlaq dalam juz „amma.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif kepustakaan (libraryresearch). Subjek penelitianya adalah Al-Quran Al-Karim juz 30 atau biasadisebut juz „Amma. Pengumpulan datanya menggunakan metode studidokumenter serta analisis penelusuran data online. Penelitian ini menggunakansumber data primer berupa Al-Quran Al-Karim. Teknik analisis datamenggunakan analisis isi dan analisis wacana.Hasil penelitian menunjukan terdapat 16 data maf‟ul muthlaq dalam juz„amma dengan rincian berdasarkan maknanya terdapat 12 ayat yang menjelaskanmakna penegas (taukid) dan 4 ayat bermakna kualitas, tidak ditemukannya maf‟ulmuthlaq bermakna kuantitas dalam juz „Amma, berdasarkan ketentuan dalammaf‟ul muthlaq terdapat 12 data maf‟ul muthlaq harus terletak setelah „amilnyadan 4 data maf‟ul muthlaq boleh terletak sebelum atau setelah „amilnya,berdasarkan penanda gramatikal maf‟ul muthlaq keseluruhannya menggunakanpenanda gramatikal berupa fathah.Dalam pembelajaran maf‟ul muthlaq dalam juz „amma, terdapat beberapalangkah-langkah kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluanpembelajaran, penyampaian materi, partisipasi peserta didik, tes (evaluasi) dankegiatan lanjutan (follow up).
Kata kunci: Maf’ul Muthlaq, Juz ‘Amma, Langkah-langkah Pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ARIF HIDAYATULLOH - Personal Name
|
Student ID |
2020040001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |