ARIF HIDAYATULLOH
Pengarang
Luluk Alawiyah,M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I.
Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I.
Penguji 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ruang lingkup dan strukturmaf‟ul muthlaq dalam juz „amma 2) mengetahui kajian sintaksis maf‟ul muthlaqdalam juz „amma 3) serta mengetahui langkah-langkah pembelajaran maf‟ulmuthlaq dalam juz „amma.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif kepustakaan (libraryresearch). Subjek penelitianya adalah Al-Quran Al-Karim juz 30 atau biasadisebut juz „Amma. Pengumpulan datanya menggunakan metode studidokumenter serta analisis penelusuran data online. Penelitian ini menggunakansumber data primer berupa Al-Quran Al-Karim. Teknik analisis datamenggunakan analisis isi dan analisis wacana.Hasil penelitian menunjukan terdapat 16 data maf‟ul muthlaq dalam juz„amma dengan rincian berdasarkan maknanya terdapat 12 ayat yang menjelaskanmakna penegas (taukid) dan 4 ayat bermakna kualitas, tidak ditemukannya maf‟ulmuthlaq bermakna kuantitas dalam juz „Amma, berdasarkan ketentuan dalammaf‟ul muthlaq terdapat 12 data maf‟ul muthlaq harus terletak setelah „amilnyadan 4 data maf‟ul muthlaq boleh terletak sebelum atau setelah „amilnya,berdasarkan penanda gramatikal maf‟ul muthlaq keseluruhannya menggunakanpenanda gramatikal berupa fathah.Dalam pembelajaran maf‟ul muthlaq dalam juz „amma, terdapat beberapalangkah-langkah kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluanpembelajaran, penyampaian materi, partisipasi peserta didik, tes (evaluasi) dankegiatan lanjutan (follow up).
Kata kunci: Maf’ul Muthlaq, Juz ‘Amma, Langkah-langkah Pembelajaran.