Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “THE GOLDEN STORIES OF KHADIJAH” KARYA BADIATUL ROZIQIN
XML
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk moralitas dan akhlakyang baik dalam masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Baikpendidikan umum maupun pendidikan agama Islam, diharapkan dapatmembentuk individu yang memiliki spiritualitas, kecerdasan, dan akhlak yangmulia sesuai dengan tuntunan agama dan nilai-nilai sosial. Namun, saat inipendidikan masih cenderung lebih fokus pada aspek pengetahuan kognitif,sementara aspek afektif yang berhubungan dengan pembentukan karakter danmoral sering kali kurang mendapat perhatian. Salah satu cara untuk memperkuatpendidikan akhlak adalah melalui pengajaran nilai-nilai moral dalam karya sastra,seperti yang tergambar dalam buku The Golden Stories of Khadijah karyaBadiatul Roziqin.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilaipendidikan akhlak dalam buku The Golden Stories of Khadijah karya BadiatulRoziqin. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilaipendidikan akhlak secara umum, dan untuk mengidentifikasi isi kandungan dalambuku.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifuntuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku The Golden Storiesof Khadijah karya Badiatul Roziqin. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untukmemahami realitas sosial dengan memberikan penjelasan yang akurat mengenaifakta-fakta yang ditemukan selama penelitian. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian kepustakaan (library research), yang berfokus pada karya sastrasebagai objek utama penelitian. Untuk menganalisis data, penulis menggunakanteknik analisis isi (Content Analysis), yang bertujuan untuk mengidentifikasiprinsip-prinsip pendidikan akhlak dalam buku tersebut, serta keterkaitannyadengan pendidikan agama Islam.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini menunjukkan bahwabuku ini menonjolkan pentingnya pendidikan akhlak melalui Siti Khadijahsebagai seorang istri, ibu, dan pemimpin. Nilai-nilai pendidikan akhak yangterkandung mencakup keimanan, kesabaran, tanggung jawab, dan penghormatanterhadap sesama yang sangat relevan dalam membentuk karakter generasi muda.Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembanganpendidikan akhlak di lingkungan masyarakat, trutama dalam konteks pendidikanagama Islam.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Pendidikan Agama Islam, Buku TheGolden Stories Of Khadijah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fitri Nurul Ulya - Personal Name
|
Student ID |
2021010099
|
Dosen Pembimbing |
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |