NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-USHFURIYYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD BIN ABU BAKAR AL USHFURI

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-USHFURIYYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD BIN ABU BAKAR AL USHFURI

XML

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya problem yang terjadikepada generasi muda yang menunjukan degradasi akhlak. Skripsi ini bertujuanuntuk 1) Untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan ahlak dalam kitab AlUsfuriyyah.2)UntukmengetahuiisidankandungankitabAl-UshfuriyyahkaryaSyaikhMuhammad bin Abu Bakar Al Ushfuri. 3) Untuk mengetahui nilai-nilaiPendidikan akhlak dalam kitab Al-Ushfuriyyah karya Syaikh Muhammad bin AbuBakar Al Ushfuri. 4) Untuk mengetahui relevansi isi nilai-nilai pendidikan akhlakdalam Kitab Al-usfuriyyah dengan Pendidikan Islam modern.Jenis penelitian yang akan dilakukan masuk kedalam kategori penelitiankepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahmetode dokumenter, yakni menganalisis dokumen yang berkaitan dengan masalahyang dikaji. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metodecontent analysis yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untukmenganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Sehingga memperoleh gambaran yangjelas mengenai isi materi kajian yang telah ditentukan.Hasil dari penelitian bahwa 1) Konsep nilai-nilai pendidikan akhlakmerupakan upaya untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia melaluipengajaran tentang adab, moral dan etika yang meliputi nilai-nilai tauhid, tawakal,jujur, tanggung jawab guna menciptakan individu yang dapat berkontribusi positifbagi masyarakat. 2) Isi dan kandungan kitab Al-Usfuriyyah mencakup tiga aspekyaitu aspek spiritual (akidah), aspek moral (akhlak), dan aspek hukum (syariah).Ketiga aspek ini terdapat pada hadist-hadist, kisah/hikayat, dan nasehat-nasehatyang ada dalam kitab Al-Usfuriyyah. 3) Nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitabAl-Ushfuriyyah: pertama akhlak kepada Allah SWT mencakup tauhid, raja’, haya,zikr, taubat, taat, syukur, tawakal, ikhlas, dan khauf. Kedua akhlak kepada dirisendiri meliputi muhasabah, zuhud, dan malu. Ketiga akhlak kepada sesamameliputi berbuat baik, kasih sayang, empati, tanggung jawab, solidaritas, tawadhu,jujur, menghormati orang tua/lansia, dan dermawan. Keempat akhlak kepada alammeliputi kasih sayang. 4)Melihat kondisi dan problem yang terjadi dalam duniapendidikan Islam modern, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Usfuriyyahrelevan dan dapat diimplementasikan untuk mengatasi degradasi moral yangterjadi, karena menekankan pentingnya pembinaan iman dan akhlak sebagai dasarpembentukan karakter yang baik.
Kata Kunci : Akhlak, Al-usfuriyyah, Nilai, Pendidikan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Haikal Ihza Nur Muhammad - Personal Name
Student ID
2021010037
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail