Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-USHFURIYYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD BIN ABU BAKAR AL USHFURI
XML
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya problem yang terjadikepada generasi muda yang menunjukan degradasi akhlak. Skripsi ini bertujuanuntuk 1) Untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan ahlak dalam kitab AlUsfuriyyah.2)UntukmengetahuiisidankandungankitabAl-UshfuriyyahkaryaSyaikhMuhammad bin Abu Bakar Al Ushfuri. 3) Untuk mengetahui nilai-nilaiPendidikan akhlak dalam kitab Al-Ushfuriyyah karya Syaikh Muhammad bin AbuBakar Al Ushfuri. 4) Untuk mengetahui relevansi isi nilai-nilai pendidikan akhlakdalam Kitab Al-usfuriyyah dengan Pendidikan Islam modern.Jenis penelitian yang akan dilakukan masuk kedalam kategori penelitiankepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahmetode dokumenter, yakni menganalisis dokumen yang berkaitan dengan masalahyang dikaji. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metodecontent analysis yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untukmenganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Sehingga memperoleh gambaran yangjelas mengenai isi materi kajian yang telah ditentukan.Hasil dari penelitian bahwa 1) Konsep nilai-nilai pendidikan akhlakmerupakan upaya untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia melaluipengajaran tentang adab, moral dan etika yang meliputi nilai-nilai tauhid, tawakal,jujur, tanggung jawab guna menciptakan individu yang dapat berkontribusi positifbagi masyarakat. 2) Isi dan kandungan kitab Al-Usfuriyyah mencakup tiga aspekyaitu aspek spiritual (akidah), aspek moral (akhlak), dan aspek hukum (syariah).Ketiga aspek ini terdapat pada hadist-hadist, kisah/hikayat, dan nasehat-nasehatyang ada dalam kitab Al-Usfuriyyah. 3) Nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitabAl-Ushfuriyyah: pertama akhlak kepada Allah SWT mencakup tauhid, raja’, haya,zikr, taubat, taat, syukur, tawakal, ikhlas, dan khauf. Kedua akhlak kepada dirisendiri meliputi muhasabah, zuhud, dan malu. Ketiga akhlak kepada sesamameliputi berbuat baik, kasih sayang, empati, tanggung jawab, solidaritas, tawadhu,jujur, menghormati orang tua/lansia, dan dermawan. Keempat akhlak kepada alammeliputi kasih sayang. 4)Melihat kondisi dan problem yang terjadi dalam duniapendidikan Islam modern, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Usfuriyyahrelevan dan dapat diimplementasikan untuk mengatasi degradasi moral yangterjadi, karena menekankan pentingnya pembinaan iman dan akhlak sebagai dasarpembentukan karakter yang baik.
Kata Kunci : Akhlak, Al-usfuriyyah, Nilai, Pendidikan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Haikal Ihza Nur Muhammad - Personal Name
|
Student ID |
2021010037
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |