MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL FATAH BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL FATAH BANJARNEGARA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui Konsep Manajemen KurikulumMerdeka Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al FatahBanjarnegara. 2). Mengetahui Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka PadaProses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Fatah Banjarnegara. 3).Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Penerapan ManajemenKurikulum Merdeka Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKAl Fatah Banjarnegara.Penelitian menggunakan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitiankualitatif lapangan. Subjek dalam penelelitian ini adalah waka kurikulum dan guruPendidikan Agama Islam. Dalam teknik pengumpulan data menggunakanbeberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknikanalisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian datadan conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan / verifikasi).Pendidikan memegang peranan penting dalam menjamin kelangsunganhidup suatu negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untukmeningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Salah satufaktor yang mempengaruhi masalah pendidikan adalah pendidik. Secara umumpendidik ialah mereka yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anakdidik. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan guru PendidikanAgama Islam SMK Al Fatah Banjarnegara. Hasil penelitian mengungkapkan tigapenelitian yaitu: 1). Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Pada ProsesPembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Fatah Banjarnegara berfokuspada pengelolaan kurikulum yang lebih fleksibel, inklusif, dan berbasis padakebutuhan peserta didik di sekolah SMK Al Fatah Banjarnegara. 2). ImplementasiManajemen Kurikulum Merdeka Pada Proses Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam SMK Al Fatah Banjarnegara memiliki empat proses yaitu: Perencanaan,pelaksanaan, penilaian, dan P5. 3). Faktor Pendukung dan Penghambat ada empatyaitu: Guru yang berkualitas, siswa yang berkualitas, sarana prasarana yangmemadai, dan teamwork yang solid. Sedangkan faktor penghambatnya ialahkurangnya pelatihan bagi guru dalam memahami dan menerapkan kurikulummerdeka secara efektif.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Merdeka Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hendi Ade Putra Ramadhan - Personal Name
Student ID
2020010283
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, S. Si., M.Sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail