Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP SPIRITUAL AKIDAH, IBADAH DAN AKHLAK PADA ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROME DI SLB AISYIYAH SA’ADAH WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja upaya guru PAI dalammenanamkan sikap spiritual akidah, ibadah dan akhlak pada anak penyandangdown syndrome di SLB „Aisyiyah Wonosobo. 2) Mengetahui bagaimana metodedan strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan sikap spiritual akidah,ibadah dan akhlak pada anak penyandang down syndrome di SLB „AisyiyahSa‟adah Wonosobo. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalammenanamkan sikap spiritual akidah, ibadah dan akhlak pada anak penyandangdown syndrome di SLB Aisyiyah Sa‟adah Wonosobo.Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini bersifat lapangan (fieldresearch). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode pengamatan atau observasi partisipan, wawancaramendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Sedangkan, dalam teknikanalisis data yang dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dalammemahami fenomena-fenomana masalah yang terjadi dan dalam memberikansolusi untuk masalah yang ada, penulis menggunakan cara reduksi data, datadisplay, kesimpulan atau verifikasi.Dapat diketahui dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: SLB„Aisyiyah Sa‟adah Wonosobo sudah menanamkan nilai-nilai sikap spiritualPendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus seperti: nilai akidah,nilai ibadah dan nilai akhlak.Penanaman nilai aqidah dilakukan dengan ikrarmembaca dua kalimat syahadat beserta artinya, tidak hanya itu guru jugamemberikan motivasi kepada siswa agar selalu agar selalu bersyukur dengan apayang sudah kita miliki saat ini dan harus menjada apa yang dimilikinya. Haldemikian secara tidak langsung membuat kita agar selalu mendekatkan diri danbertaqwa kepada Allah SWT, selalu mengingat-Nya, menjalankan perintah-Nyaserta menjahui larangan-Nya. 1) Penanaman nilai ibadah, dilakukan denganpembiasaan seperti: shalat dhuha dan dhuhur berjama‟ah, membaca do‟a sebelumdan sesudah kegiatan pembelajaran, hafalan suratan pendek dan do‟a sehari-hari,hafalan asmaul husna, bersodaqod, infak disetiap hari kamis dan sabtu, ikutserta dalam kegiata zakat, memperingati maulid nabi dan isro‟ mi‟roj, merayakanhari raya„idul adha dengan ikut serta dalam penyembelihan hewan kurban, memperingati hari santri , dan kegiatan keagamaan lainnya. Penanaman nilaiakhlak, dilakukan dengan mengajarkan akhlak-akhlak terpuji pada siswa seperti:menghormati orang tua, guru dan sesama teman, bertutur kata yan baik dansopan, serta berperilaku sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari. 2)Selain itu, peneliti juga menyimpulkan bahwa dalam menanamkan nilai-nilaipendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB „AisyiyahSa‟adah Wonosobo ini menggunakan beberapa metode dan strategi, yaituceramah, kisah, pembiasaan, keteladanan, serta targhib dan tarhib. 3) Faktorpendukung dari penanaman nilai spirital akidah, ibadah dan akhlak bagi anakberkebutuhan khusus Down Syndrom yaitu dukungan dari semua pihak antara lainkepala sekolah, guru, orang tua dan juga peserta didik dalam kegiatanpembelajaran. Selain itu, dukungan dan motivasi orang tua terhadap anaknyamerupakn salah satu faktor yang sangat penting terhadap penanaman nilaispiritual bagi anak. Sedangkan ada beberapa faktor penghambat yaitu bahan ajardan media pembelajaran yang belum sepenuhnya maksimal di sesuaikan dengananak berkebutuhan khusus, kurangnya tenaga pengajar dan pendamping yangberasal dari lulusan pendidikan inklusi itu sendiri.
Kata Kunci: Down Syndrom, Strategi, Pendidikan Agama Islam, Sikap Spiritualakidah, ibadah dan akhlak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Diella Anggun Amalia - Personal Name
|
Student ID |
2020010274
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |