Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK UNTUK BERPIKIR KRITIS KAJIAN SURAT ALI IMRAN AYAT 190-191
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana isi kandungan Surah AliImran ayat 190-191. (2) Bagaimana nilai nilai pendidikan Islam dalam berpikir kritis. (3)Bagaimana nilai nilai pendidikan Islam dalam memotivasi belajar anak untuk berpikir kritisdalam surat Ali Imran ayat 190-191.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan bersifatkepustakaan atau library research. Metode yang digunakan dengan cara menguraikan maknayang terkandung dalam al--Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat yang ditafsirkan, sepertipengertian kosakata, kaitan dengan ayat-ayat yang lain, baik dalam sebelum maupunsesudahnya. Untuk pengumpulan data menggunakan studi dokumenter dan penelusuran datadalam kitab-kitab dan buku.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis penulis lakukan dapat disimpulkanbahwasannya (1)Kandungan suart Ali Imron ayat 190-191 begitu sangat menambah wawasanseperti halnya bagaimana asbabun nuzulnya, asal-usulnya nama surahnya dan lain sebagainya.(2) Nilai nilai yang terkandung dalam surat Ali Imran begitu bervariasi dan sangat komplek.(3) Nilai nilai pendidikan Islam dalam memotivasi belajar anak untuk berpikir kritis kajiansurat Ali Imran ayat 190-191 terbukti memiliki nilai nilai yang mampu membuat anak untuksemakin termotivasi untuk belajar lebih kritis dalam pemikirannya.
Kata kunci :nilai, berpikir kritis, Surat Ali Imran ayat 190-191
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Arhanul Iman - Personal Name
|
Student ID |
2020010264
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I., M.Si - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |