PROJECT PEMBELAJARAN HURUF AL QUR’AN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PROJECT PEMBELAJARAN HURUF AL QUR’AN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI BANJARNEGARA

XML

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB N Banjarnegaramerupakan interaksi edukatif peserta didik dengan lingkungan sekolah. Dalam halini sekolah diberi kebebasan untuk memilih strategi, metode dan teknik-teknikpembelajaran yang paling efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,karakteristik siswa, karakteristik guru, dan sumber daya yang tersedia di sekolah.Dengan adanya kebebasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukanpenelitian lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan pembelajaran PAI, yaitu denganProject Pembelajaran Huruf Al-Qur‟an bagi siswa berkebutuhan khusus di SLB NBanjarnegara.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ProjectPembelajaran Huruf Al-Qur‟an bagi siswa di SLBN Banjarnegara. Jenis penelitianini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptifkualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data,Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yangpenulis lakukan tentang Project pembelajaran Huruf Al‟Qur‟an bagi siswaberkebutuhan khusus di SLB N Banjarnegara.Ada tiga hasil dari ini penelitiannya antara lain (1) Konsep projectPembelajaran huruf Al-Qur‟an bagi ABK (2) Penerapan Project Pembelajaranhuruf Al-Qur‟an bagi siswa berkebutuhan Khusus (3) Kendala dan pendukungproses pembelajaran huruf Al-Qur‟an bagi ABK. Untuk proses pelaksanaan gurumenyampaikan materi yang disesuaikan dengan kemampuan dari peserta didik.Sementara metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, tanya jawab, danpraktik. Selain itu didukung dengan menggunakan media agar peserta didiktertarik dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu guru juga tidakbanyak memberikan tugas atau soal tetapi lebih banyak melakukan pengulangan.Sedangkan evaluasi yang dilaksanakan pada anak tunagrahita disesuaikan dengankemampuan dari peserta didik itu sendiri. Perangkat evaluasi yang digunakan olehguru tidak secara spesifik dimiliki dokumennya.
Kata kunci: Project Learning, Huruf Al-Qur’an, Siswa berkebutuhanKhusus


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lulis Ujiyanti - Personal Name
Student ID
2020010209
Dosen Pembimbing
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail