Prodi Pendidikan Agama Islam
PROJECT PEMBELAJARAN HURUF AL QUR’AN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI BANJARNEGARA
XML
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB N Banjarnegaramerupakan interaksi edukatif peserta didik dengan lingkungan sekolah. Dalam halini sekolah diberi kebebasan untuk memilih strategi, metode dan teknik-teknikpembelajaran yang paling efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,karakteristik siswa, karakteristik guru, dan sumber daya yang tersedia di sekolah.Dengan adanya kebebasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukanpenelitian lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan pembelajaran PAI, yaitu denganProject Pembelajaran Huruf Al-Qur‟an bagi siswa berkebutuhan khusus di SLB NBanjarnegara.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ProjectPembelajaran Huruf Al-Qur‟an bagi siswa di SLBN Banjarnegara. Jenis penelitianini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptifkualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data,Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yangpenulis lakukan tentang Project pembelajaran Huruf Al‟Qur‟an bagi siswaberkebutuhan khusus di SLB N Banjarnegara.Ada tiga hasil dari ini penelitiannya antara lain (1) Konsep projectPembelajaran huruf Al-Qur‟an bagi ABK (2) Penerapan Project Pembelajaranhuruf Al-Qur‟an bagi siswa berkebutuhan Khusus (3) Kendala dan pendukungproses pembelajaran huruf Al-Qur‟an bagi ABK. Untuk proses pelaksanaan gurumenyampaikan materi yang disesuaikan dengan kemampuan dari peserta didik.Sementara metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, tanya jawab, danpraktik. Selain itu didukung dengan menggunakan media agar peserta didiktertarik dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu guru juga tidakbanyak memberikan tugas atau soal tetapi lebih banyak melakukan pengulangan.Sedangkan evaluasi yang dilaksanakan pada anak tunagrahita disesuaikan dengankemampuan dari peserta didik itu sendiri. Perangkat evaluasi yang digunakan olehguru tidak secara spesifik dimiliki dokumennya.
Kata kunci: Project Learning, Huruf Al-Qur’an, Siswa berkebutuhanKhusus
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lulis Ujiyanti - Personal Name
|
Student ID |
2020010209
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |