Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TADABUR ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VII MTs AL FUTUHIYYAH BUMIREJO WONOSOBO
XML
Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru (teacher oriented) harusdiubah menjadi pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (studentorinted). Penelitian ini mengkaji tentang konsep tadabur alam dan kemandiriansiswa, penerapan model pembelajaran, dan faktor pendukung penghambatpenerapan metode pembelajaran tadabur alam untuk meningkatkan kemandiriansiswa pada mata pelajaran al-quran hadis di MTs Al-Futuhiyyah BumirejoWonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, denganmelakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan awal penerapan modelpembelajaran tadabur alam pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas VIIMTs Al futuhiyyah Bumirejo wonosobo dimulai dengan pengenalan materi yangrelevan dengan fenomena alam, Kegiatan inti penerapan model pembelajarantadabbur alam melibatkan eksplorasi langsung di lingkungan sekitar sekolah atauarea tertentu. Siswa diajak mengamati fenomena alam yang sesuai dengan materiAl-Qur'an Hadis, mendiskusikan hikmah dan maknanya, Kegiatan akhirpenerapan model pembelajaran tadabbur alam mencakup refleksi individu ataukelompok tentang pembelajaran yang telah dilakukan. Guru mengarahkan siswauntuk menyimpulkan pelajaran yang diperoleh, baik dari segi pemahaman materimaupun peningkatan sikap kemandirian.
Kata kunci : Model, Tadabur Alam, Kemandirian
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Barorul Anwar - Personal Name
|
Student ID |
2020010162
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |