Aufa Nafis Quthrotunnada
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Hidayatu munawaroh, M.Pd.
Penguji 2
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd.I
Penguji 1
Penerapan program pendidikan holistik berbasis karakter dalam membinaakhlak siswa di MTs Roudlotul Muttaqien. Penelitian ini bertujuan untukmengeksplorasi strategi yang diterapkan sekolah dalam mengintegrasikan nilainilaikarakterkedalamkegiatanpembelajarandankegiatanekstrakurikuler,sertadampaknyaterhadap pembentukan akhlak siswa. Metode penelitian yangdigunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperolehmelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penerapan pendidikan holistik berbasis karakter melibatkan kolaborasiantara guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan pembelajaranyang mendukung pengembangan karakter. Program ini terbukti efektif dalammeningkatkan kesadaran moral, kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab siswa.Skripsi ini menyimpulkan bahwa pendidikan holistik berbasis karaktermerupakan pendekatan yang relevan untuk membina akhlak siswa dalam kontekspendidikan Islam.
Kata Kunci: Pendidikan holistik berbasis karakter, Pembinaan akhlak siswa,Pendidikan Islam