Muhamad Abdullah Iskandar
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Drs. H. Ali Imron.,M.Ag
Penguji 2
Dr. Moh Sakir., M.Pd.I
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bentuk-bentuk programpembinaan keagamaan yang diselenggarakan oleh Pondok PesantrenSafiinatunnaja bagi mahasiswa Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) JawaTengah di Wonosobo; (2) mengidentifikasi tingkat partisipasi mahasiswa dalamprogram pembinaan keagamaan; (3) menggali faktor-faktor yang memengaruhiefektivitas program pembinaan; (4) mengungkap tantangan dalam pelaksanaanprogram; dan (5) mengevaluasi kontribusi pondok pesantren dalam pembentukankarakter dan moral mahasiswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuanmenggambarkan secara mendalam fenomena yang terjadi di Pondok PesantrenSafiinatunnaja. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi partisipatif,wawancara mendalam dengan pengasuh pesantren, kepala madrasah diniyah,pengurus, dan mahasiswa, serta studi dokumentasi terhadap arsip kegiatan pondokpesantren. Data yang terkumpul dianalisis secara tematik untuk menemukan polapolayang relevan dengan tujuan penelitian. Validitas data dijamin melaluitriangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Safiinatunnajamemiliki program pembinaan yang terstruktur, seperti pengajian kitab kuning,latihan khitobah, mujahadah, dan kegiatan sosial. Program ini berhasilmeningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, akhlak Islami, dan kemandirianmahasiswa. Namun, tantangan seperti manajemen waktu antara perkuliahan dankegiatan pesantren serta keterbatasan fasilitas masih menjadi kendala yang perludiatasi.
Kata Kunci : Karakter Islami, Mahasiswa, Pondok Pesantren, PembinaanKeagamaan.