Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD PADA HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MTsN 1 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2024/2025
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajarAl-Qur‟an Hadits siswa kelas VIII di MTsN 01 Wonosobo dengan menggunakanmedia pembelajaran berbasis Nearpod; 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar AlQur‟ansiswakelasVIIIdiMTsN01WonosoboantarayangmenggunakanmediapembelajaranberbasisNearpodadnyangmenggunakanmediakonvensional.MengetahuiimplementasimediapembelajaranberbasisNearpoddiMTsN01JenisPenelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi, denganmenggunakan desain nonequivalent control group pretest postest design. Subjekdalam penelitian ini di ambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Sebelum pembelajaran kedua kelas diberikan soal pretest. Peserta didik kelaseksperimen di beri pembelajaran dengan menggunakan Media PembelajaranBerbasis Nearpod, sedangkan kelas kontrol menggunakan Media PPT. Kelaseksperimen dan kelas kontrol dikenakan tes akhir berupa tes tertulis. Kemudianhasilnya di olah, di analisis, dan dibagikan menggunakan uji t-test dan uji gainuntuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas yang diteliti dan peningkatanhasil belajar.Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasilbelajar siswa setelah penerapan Nearpod, dibandingkan dengan metodepembelajaran konvensional. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusibagi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi di lingkunganpendidikan Islam, serta mendorong guru untuk mengintegrasikan teknologi dalamproses belajar mengajar demi mencapai hasil yang lebih baik. Hasil penelitianmenunjukkan pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits peserta didik yangmenggunakan Media Pembelajaran Berbasis Nearpod pada penelitian ini terjadipeningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan uji gain untuk kelaseksperimen diperoleh hasil sebesar 0,618 sedangkan hasil uji gain pada kelaskontrol diperoleh sebesar 0,206. Sehingga peningkatan hasil belajar kelaseksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Dan ada perbedaanpembelajaran Al-Qur‟an Hadits peserta didik yang diajar dengan menggunakanMedia Pembelajaran Berbasis Nearpod dengan peserta didik yang tidak di ajardengan menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Nearpod. Hal ini dibuktikandengan menggunakan uji-t thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 1% yaitu 3,21> 2,676. Sedangkan pada taraf signifikansi 5% maka ttabel 2,008.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Nearpod, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Khanif Hidayah - Personal Name
|
Student ID |
2020010055
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |