IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PENGUASAAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MI BUSTANUL IMAN PEGANDON KARANGDADAP KABUPATEN PEKALONGAN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PENGUASAAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MI BUSTANUL IMAN PEGANDON KARANGDADAP KABUPATEN PEKALONGAN

XML

IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAMPENGUASAAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MIBUSTANUL IMAN PEGANDON KARANGDADAP KABUPATENPEKALONGAN. Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan(FITK). Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2024.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode drilldalam penguasaan baca tulis al-Qur‟an siswa kelas IV MI Bustanul Iman PegandonKarangdadap Kabupaten Pekalongan. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapanmetode drill dalam penguasaan baca tulis al-Qur‟an siswa kelas IV MI Bustanul ImanPegandon Karangdadap Kabupaten Pekalongan. 3) Penguasaan Baca Tulis Al-Qur‟anSiswa Kelas IV Dengan Metode Drill di MI bustanul Iman Pegandon KarangdadapKabupaten Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulandata dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelah data terkumpulkemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksidata, penyajian dan kesimpulan.Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode drill dalampenguasaan baca tulis al-qur‟an siswa kelas IV MI Bustanul Iman Pegandondilaksanakan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik pula. Metode drill yangditerapkan di kelas IV memiliki beberapa langkah yaitu Persiapan, Penyajian Materi,Latihan, Evaluasi dan Refleksi. Hasil yang dicapai dari penggunaan metode drill selamasatu tahun pembelajaran pada siswa kelas IV yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kuranglebih 80% dari jumlah keseluruhan siswa kelas IV kemampuan baca tulis al-qur‟anmereka menguasainya. Penguasaan ini dilihat dari pelafalan atau pengucapan ketikapraktek membaca al-qur‟an dan dari segi penulisan dilihat dari ketika siswa menirukanapa yang guru tulis. 2) Faktor pendukung dari metode drill dalam pembelajaran BTQkelas IV di MI Bustanul Iman Pegandon ini adalah faktor antusiasme murid atau siswadan guru, faktor kemampuan siswa dan fasilitas penunjang pembelajaran. Adapun faktorpenghambat dari metode drill dalam penguasaan baca tulis al-qur‟an siswa kelas IV MIBustanul Iman Pegandon adalah kurangnya rasa antusias siswa dan guru dalampembelajaran, kurangnya kemampuan baca tulis al-Qur‟an siswa, dan kurangnyafasilitas pembelajaran yang memadai. 3) Metode drill ini memiliki penguasaan yangbaik bagi siswa kelas IV. Metode ini mampu menjadikan siswa memiliki penguasaanbaik dari segi bacaan maupun penulisan al-Qur‟an siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Drill, Baca Tulis al-Qur’an Siswa, MIBustanul Iman Pegandon Karangdadap Kabupaten Pekalongan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Khurrul Fikri Wulida - Personal Name
Student ID
2019010105
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Yusuf Amin Nugroho, SH.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
maryono - - Penguji 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail