Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DALAM MENDIDIK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN BANJARNEGARA
XML
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITABTA‟LIM MUTA‟LLIM DALAM MENDIDIK KARAKTER DI PONDOKPESANTREN NURUL QUR‟AN DI DESA PARAKANCANGGAHKECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi,Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟anJawa Tengah di Wonosobo, 2025.Pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟llim merupakan suatu pembelajaran yangwajib diikuti oleh santri. Kitab ini sangat penting untuk diketahui dan dipahamikarena dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim terdapat tuntunan adab-adab dalam belajaruntuk para penuntut ilmu yang di pondok pesantren. Kitab Ta‟lim Muta‟llimterdapat pesan-pesan pendidikan pada suatu akhlak santri.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaandalam pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟allim di pondok pesantren Nurul Qur‟anBanjarnegara (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalampelaksanaan pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟allim.(3) mengetahui bagaimanacara menanamkan pendidikan karakter pada santri dalam kitab ta‟lim muta‟allim.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif. Subyek peneliti adalah pengasuh pondok pesantren, pengurus dansantri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun instrumen penelitian dibantu dengan pedoman wawancara, observasi, dokumentasi buku terjemah kitab Ta‟lim Muta‟allim, referensi skripsi terdahuludan situs online. Adapun teknik yang dilakukan dalam analisis data adalah teknikberpikir deduktif dimana teknik pemikiranya berangkai dari dasar-dasarpengetahuan yang umum dan melalui pengamatan. Dari hasil penelitin mengenai proses pelaksanaan pembelajaran kitabTa‟lim Muta‟allim pada santri di pondok pesantren Nurul Qur‟an Banjarnegara(1) dalam proses pembelajaran kitab ta‟lim muta‟allim menggunakan metodebandongan yaitu guru membaca kitab dan menjelaskan santri mendengarkan danmemaknai kitab yang dibawa. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan padamalam selasa malam. (2) Sedangkan faktor yang pendukung dan penghambatpembentukan karakter santri meliputi beberapa komponen dalam pembelajaranseperti sarana prasarana, ustadz/ustadzah, materi pembelajaran, serta santri danustadz, yang mayoritas memiliki ilmu yang memadai. Sedangkan faktorpenghambatnya adalah berasal dari santri itu sendiri, rasa malas, telat dalamberangkat, mengantuk, malas untuk belajar. (3) Pembentukan karakter santrimelalui pembelajaran dengan cara menanamkan pendidikan yang terdapat dalamkitab ta‟lim muta‟allim ialah etika belajar terhadap diri sendiri dengan menata niatdan belajar dengan bersungguh-sungguh, Etika dalam menghormati guru dengan Etika dalam terhadap ilmu, teman dan terhadap kitab.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Akhlak, Ta’lim Muta’allim
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Via Arsita - Personal Name
|
Student ID |
2018010486
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |