Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH METODE BANDONGAN DALAM MATA PELAJARAN PAI KITAB KUNING SISWA KELAS X SMA MA’ARIF NU KARANGANYAR PURBALINGGA
XML
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITABSAFINATUN NAJAH METODE BANDONGAN DALAM MATAPELAJARAN PAI KITAB KUNING SISWA KELAS X SMAMA’ARIF NU KARANGANYAR PURBALINGGA . Skripsi,Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains AlQur’an,JawaTengahdiWonosobo,2023.UUSistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa tujuan pendidikanadalah pemberdayaan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berimandan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki nilai dansikap, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yangdemokratis, bertanggung jawab. Pendidikan Agama Islam (PAI) ikut bertanggungjawab dalam mewujudkan tujuan tersebut. Penanaman nilai-nilai keIslaman dalamkehidupan sehari-hari tidak akan dapat dilakukan oleh guru Pendidikan AgamaIslam (PAI) semata dengan alokasi waktu yang disediakan. Namun sampai saat inimasih belum optimal.Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mengetahui Implementasi, orientasidan faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Kitab Safinatun NajahMetode Bandongan dalam Mata Pelajaran PAI Kitab Kuning Siswa Kelas X SMAMa’arif NU Karanganyar Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu:observasi langsung, wawancara terbuka dan dokumentasi. Analisis data dilakukanmelalui tiga cara yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu: Implementasi PembelajaranKitab Safinatun Najah metode Bandongan di SMA Ma’arif NU Karanganyarmenggunakan media Kitab Safinatun Najah seperti halnya di pondok pesantrenpada umumnya yang mengadopsi metode bandongan dengan dipadukan metodelain yang relevan dengan materi. Orientasi dari pembelajaran tersebut, yaituterciptanya mata pelajaran berbasis agama islam yang mampu mengakomodirmateri yang belum diajarkan dalam PAI secara umum, siswa memilikipengetahuan lebih tentang syariat islam terutama dalam hal fikih dan memilikipengalaman proses pembelajaran yang menggunakan kitab kuning sebagai bentukmelestarikan hasanah Aswaja Annahdliyah. Namun masih banyak faktorpenghambat yang terus diperbaiki demi mewujudkan harapan tersebut.
Kata Kunci : Implementasi, PAI, Safinatun Najah, Metode Bandongan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Usman Maulana - Personal Name
|
Student ID |
2018010473
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |