NILAI-NILAI PENDIDIKAN IBADAH DALAM KELUARGA (KAJIAN QS.LUQMAN AYAT 13-14)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

NILAI-NILAI PENDIDIKAN IBADAH DALAM KELUARGA (KAJIAN QS.LUQMAN AYAT 13-14)

XML

NILAI-NILAI PENDIDIKAN IBADAH DALAMKELUARGA (Kajian QS. Luqman Ayat 13-14). Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2021.Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan ibadah yangterkandung dalam QS. Luqman ayat 13-14. Pembuatan skripsi ini dilatarbelakangi karena pendidikan manusia dimulai dari keluarga, keluarga adalahtempat pertama dan utama bagi pembentukan dan pendidikan anak. Jika inginmembentuk anak yang shaleh dan shalehah, cerdas, serta terampil, maka harusdimulai dari keluarga. Permasalahan yang diambil dari penelitian ini adalahpendidikan ibadah apa yang terkandung dalam QS. Luqman ayat 13-14. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan ibadah yangterkandung dalam QS. Luqman ayat 13-14.Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif yang mana penelitiandilakukan melalui kajian buku. Penelitian ini termasuk jenis penelitiankepustakaan (library research) yang mana data dalam penelitian ini diperolehmenggunakan data primer, data sekunder dan kajian ayat. Sumber data primerberasal Al-Qur‟an dan Kitab-kitab Tafsir, Tafsir Al-Misbah karya QuraishShihab, Tafsir al-Azhar karya Hamka, Tafsir Tarbawi karya Munir dan TafsirDepag. sumber data sekunder berasal dari; (1). Kitab-kitab hadits yang membahasmasalah ibadah seperti kitab Al-Mabadi Al-Fiqiyyah. (2). Buku-buku tentangpendidikan fiqih seperti; “Pedoman Zakat” karya Shidiqiey Ash dan M. Hasbi,Helmawati, “Fiqih Shalat Versi Syafi‟i” karya Abdul Manan, “Buku PintarIbadah Muslimah” karya Budiman mustofa, “Fiqih Islam” karya Sulaimanrasjid, dan “Fiqh Islam Lengkap” karya Moh Rifa‟i. (3). Buku-buku tentangpendidikan keluarga seperti; “Pendidikan Keluarga” karya Helmawati. (4). Datadatadalam koran, majalah, atau internet yang relevan dengan tema kajian ini.Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, berupa QS. Luqman ayat 13-14dan referensi lain yang relevan. Untuk teknis analisis data yang digunakan adalahanalisis wacana, isi dan hermeneutik.Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Konsep nilai-nilaipendidikan ibadah dalam keluarga sesuai surat luqman ayat 13-14; (1.1). Konseppendidikan meliputi, pendidikan tauhid dan pendidikan akhlak. (1.2). Metodependidikan meliputi, Metode nasihat, keteladanan, dialog, dan pengulangan. (1.3).Tujuan pendidikan yaitu agar anak-anaknya tidak menyekutukan Allah Swt. 2).Nilai-nilai pendidikan ibadah dalam surat Luqman ayat 13-14 meliputi ibadahMahdah dan ibadah ghoiru mahdah. Pendidikan ibadah mahdah yaitu pendidikantauhid. Pendidikan ibadah ghairu mahdah yaitu meliputi; pertama berbuat baikkepada orang tua, kedua bersyukur kepada orang tua dan Allah SWT. 3).Kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan ibadah sesuai dengan surat Luqman ayat13-14 sesuai dengan era sekarang meliputi 3 aspek, yaitu akidah, akhlak danibadah.
Kata kunci :Nilai, Pendidikan Ibadah, Keluarga


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aghuts Muamar Ali - Personal Name
Student ID
2017010303
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail