t_tabel. Perolehan hasil ujit-test yaitu sebesar t(hitung )=11,123 dan t(tabel )=2,021 dengan tarafsignifikansi 5% maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan bahanajar IPA terpadu berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) efektif dalammeningkatkan kemampuan kreatifitas berpikir tingkat tinggi siswaxxiv. Kata kunci: IPA Terpadu, HOTS, Kreativitas, Berpikir, Tingkat Tinggi." /> EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT BERFIKIR KREATIF SISWA MTS SAFINATUL JABAL TRETEP TEMANGGUNG t_tabel. Perolehan hasil ujit-test yaitu sebesar t(hitung )=11,123 dan t(tabel )=2,021 dengan tarafsignifikansi 5% maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan bahanajar IPA terpadu berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) efektif dalammeningkatkan kemampuan kreatifitas berpikir tingkat tinggi siswaxxiv. Kata kunci: IPA Terpadu, HOTS, Kreativitas, Berpikir, Tingkat Tinggi." />

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT BERFIKIR KREATIF SISWA MTS SAFINATUL JABAL TRETEP TEMANGGUNG

XML

Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu BerbasisHots untuk Meningkatkan Tingkat Berfikir Kreatif Siswa.Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2025.Skripsi ini bertujuan untuk: 1. Untuk megetahui bahan ajar IPA terpaduefektif dalam kreatifitas berfikir tingkat tinggi siswa SMP (HOTS) 2. Untukmengetahui peningkatan kreatifitas berfikir tingkat tinggi siswa setelah dilakukanevaluasi 3. Untuk mengetahui perbedaan Perbandingan kreatifitas berfikir tingkattinggi siswa SMP(HOTS) sebelum dan sesudah dilakukan evaluasi.Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif adalah evaluatif.Kegiatan penelitian evaluative adalah suatu kegiatan/program yang bertujuanuntuk mengukur keberhasilan suatu kegiatan/program apakah telah sesuai denganyang diharapkanyaitu metode penelitian yang menghasilkan suatu produk (sepertimodel atau modul) dan memiliki efektivitas produk. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode tes (preteset-posttest) dan dokumentasi. Adapun teknikanalisis yang digunakan pada penelitian ini berupa kuantitatif dan kualitatif.Dimana data kuantitatif didiaptkan dari hasil nilai pretest dan posttest, sedangkandata kualitatif didapatkan dari analisis dan interpretasi hasil perhitungan secarakuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian pada skripsi yang berjudul "EfektivitasPenggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis HOTS untuk MeningkatkanTingkat Berpikir Kreatif Siswa", dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: 1)Penggunaan bahan ajar IPA Terpadu Berbasis HOTS sangat efektif dalammeningkatkan kreatifitas berpikir tingkat tinggi siswa MTs Safinatul Jabal Tretep.2) Penggunaan bahan ajar IPA Terpadu Berbasis HOTS mampu meningkatkankreatifitas berpikir tingkat tinggi siswa MTs Safinatul Jabal Tretep. 3)Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaanpeningkatan yang signifikan pada kemampuan kreatifitas berpikir tingkat tinggi.Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan hasil independent simple t test pada kelaseksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai t(hitung)> t_tabel. Perolehan hasil ujit-test yaitu sebesar t(hitung )=11,123 dan t(tabel )=2,021 dengan tarafsignifikansi 5% maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan bahanajar IPA terpadu berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) efektif dalammeningkatkan kemampuan kreatifitas berpikir tingkat tinggi siswaxxiv.
Kata kunci: IPA Terpadu, HOTS, Kreativitas, Berpikir, Tingkat Tinggi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Findri Afifah - Personal Name
Student ID
2024020019
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail